Daerah

17 Transmisi Digital TVRI Dioperasikan, Salah Satunya di Jepara

1300
×

17 Transmisi Digital TVRI Dioperasikan, Salah Satunya di Jepara

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Dengan terus melanjutkan peralihan teknologi ke pemancar digital, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) secara resmi meluncurkan transmisi digital di Satuan Transmisi TVRI Jawa Tengah Pucang Pendawa, Blingoh Kecamatan Donorojo, Jepara, Selasa, (15/8/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Iman Brotoseno selaku Direktur Utama TVRI, Sekretaris Dinas Kominfo Jawa Tengah Harmoyo mewakili Gubernur Jawa Tengah, Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan mewakili Pj Bupati Jepara, dan Kepala Diskominfo Rembang Gantiarto mewakili Bupati Rembang.

“Bapak Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada kami agar membangun pemancar digital seluas-luasnya. Sebab beliau menginginkan agar TVRI menjadi agen konektivitas wilayah,” ujar Iman.

Iman menyebutkan, pada tahun ini TVRI berhasil membangun 17 transmisi digital yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Jepara, Jawa Tengah.

Hal tersebut sesuai dengan UU Cipta Kerja tahun 2022 dimana TVRI bertanggungjawab untuk memastikan siaran televisi menjangkau seluruh wilayah NKRI.

Menara transmisi yang sudah berdiri sejak tahun 1994 tersebut pada tahun ini dilakukan pembaharuan perangkat seiring peralihan teknologi tv analog ke tv digital.

Dalam perjalanannya Satuan Transmisi Pucang Pendawa mampu memancarkan siaran televisi dari Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, hingga Kabupaten Rembang.

“Melalui TV digital dapat dipastikan gambar lebih jernih, suara lebih jelas, harapannya masyarakat lebih puas dan mendapat keuntungan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, perlaihan teknologi tersebut pertanda TVRI tetap relevan dan mengikuti perkembangan zaman.

Hal itu dianggap penting demi akses informasi terbaik kepada masyarakat utamanya sosialisasi pembangunan pemerintah pusat dan daerah, pendidikan, seni dan budaya, hingga hiburan.

“Menara pemancar Pucang Pendawa ini sekaligus sebagai simbol kerjasama antara TVRI dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam menyebarkan informasi, budaya, dan nilai-nilai positif ke seluruh Indonesia,” tutur Iman.

Dirinya juga berkomitmen agar TVRI menjadi media masyarakat terlebih masyarakat pedesaan yang akan terus berkembang seiring percepatan teknologi.

Dalam acara tersebut, TVRI juga memberikan bantuan Set Top Box secara simbolis kepada lima orang warga di sekitar menara transmisi.

Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan mengatakan Pemerintah Kabupaten Jepara mendukung dan mengapresiasi langkah transformasi digital yang dilakukan TVRI.

“Kami berharap dengan beroperasinya pemancar digital ini tidak ada lagi blank spot di seluruh Indonesia terutama di Jawa Tengah, apalagi sudah ada 17 pemancar yang sudah terpasang,” imbuh Arif.

Arif Darmawan mengharapkan pemerataan informasi ke masyarakat semakin baik sebagaimana tagline TVRI sebagai Media Pemersatu Bangsa.