Oknum Perangkat Desa Wae Codi Diduga Dapat Bantuan RTLH

Oknum Perangkat Desa Wae Codi Diduga Dapat Bantuan RTLH


MANGGARAI, Liputan7.id Sejumlah oknum perangkat Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai diduga kuat turut mendapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program RTLH ini diketahui menggunakan dana Desa periode 2018-2019.

Masyarakat desa setempat menuding Pemerintah Desa Wae Codi tebang pilih dalam mendistribusikan bantuan RTLH.
Masyarakat menilai, bantuan RTLH di Desa Wae Codi tidak tepat sasaran.

Pasalnya, dari 125 penerima bantuan, terdapat beberapa nama suami dan atau istri dari perangkat desa yang turut mendapat bantuan tersebut.

Informasi yang diperoleh media ini, suami dari salah satu perangkat desa yang diduga mendapat bantuan RTLH ialah BJ.

Selain BJ, SL yang merupakan istri dari Kaur Pembangunan di desa Codi diduga juga turut terdaftar sebagai penerima bantuan.

“Sebagai masyarakat, kami menyesal dengan kebijakan pemerintah desa sebelumnya. Di masa kepemimpinan Kepala Desa Vinsen Minggu, pemberian bantuan benar-benar tebang pilih. Dan yang menerima bantuan hanya orang terdekat Kepala desa saja,” kata salah satu warga Wae Codi yang enggan namanya dimediakan. Selasa,(05/04/2022) Siang.

Warga tersebut pun menuturkan, selama masa kepemimpinan kepala desa Vinsesius Minggu, rapat pemerintahan seperti Musrenbangdes hanya dihadiri oleh orang-orang tertentu.

Pengakuan yang sama disampaikan GP, warga dusun Raci

“Saya warga asli dusun Raci, tidak pernah dapat bantuan apapun. Tapi saya heran dan kaget waktu di tahun 2019, dusun kami malah dapat RTLH,” ungkap GP kepada wartawan Liputan7.id.

Dia pun mempertanyakan kriteria penerima RTLH di desa itu.

“Sebenarnya bagaimana aturan dari Program RTLH ini, kok kami yang notabenenya adalah petani tapi tidak dapat bantuan. Kami pernah mendatangi kantor desa di tahun 2019, tapi kehadiran kami malah ditolak,” pungkas GP.

Wartawan Liputan7.id mengkonfirmasi kebenaran informasi warga dengan mendatangi kantor Desa Wae Codi. Setelah dicek, ditemui nama perangkat Dusun Raci dan istri dari Kaur Pembangunan, sebagai penerima bantuan RTLH.

(Obet/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi