Desa Wae Codi Salurkan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap Satu

Desa Wae Codi Salurkan BLT Dana Desa Tahun 2022 Tahap Satu


RUTENG, LIPUTAN7.ID Proses pembagian BLT-DD tahun 2022 Tahap Satu, yang berlangsung di Aula Kantor Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai berjalan lancar sesuai arahan Kepala Desa Bonefasius Sel yang tercatum pada undangan yang diterima oleh masing-masing KPM atau Masyarakat miskin terdampak covid-19. Kamis, (14/04/2022).

Dalam kegiatan penyaluran turut hadir dalam acara Kepala Dusun Se-Desa Wae Codi dan BPD.

Sebelum pembagian BLT-DD di berikan kepada KPM , Kades Wae Codi Bonefasius Sel menyampaikan, beberapa hal yang perlu di katahui oleh masyarakat, bahwa BLT-DD ini adalah kewajiban Pemerintah Desa untuk disalurkan kepada Keluarga miskin yang terdampak COVID-19, dengan besarannya Rp 300.000/KPM setiap bulannya dan bantuan ini sangat terbatas hanya 129 orang KPM dan ini sudah kita tetapkan melalui Musdes khusus yang diselenggarakan BPD Di bulan yang lalu

“Sebelum penyaluran ini, kami dari pemerintah Desa tidak bisa memberikan bantuan ini keseluruh masyarakat yang ada di Wae Codi karena Sesuai dengan regulasi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa, dan Permendes PDTT No 13 Tahun 2020 tetang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022 secara tegas disebutkan bahwa BLT DD disalurkan sebanyak Rp. 300 ribu per Kepala Keluarga/bulan,” ujarnya.

Bonefasius menambahkan, untuk tahap pertama pada tahun 2022 kita laksanakan terima tiga bulan yaitu dari bulan Januar, February,dan maret untuk tahap selanjutnya akan di cairkan kembali beberapa bulan kedepan, dan masyarakat juga perlu mengatahui bahwa BLT-DD tidak boleh ada pemotongan baik dari Desa atau dari oknum-oknum yang memanfaatkan walaupun hanya seribu rupiah.

“Jika itu terjadi masyarakat boleh melaporkan atau memberikan aduan kepada pihak desa,” tegasnya.

Bonefasius berharap, kepada Masyarakat terdampak COVID-19 khususnya yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar bantuan yang diterima ini di manfaatkan sebaik mungkin.

“Kalau bisa dimanfaatkan untuk membeli Sembako seperti beras, telur, minyak, gula dan lain”. Intinya tidak untuk membeli yang tidak bermanfaat,” harapnya.

Bonefasius menghimbau, kepada seluruh masyarakat penerima manfaat atau masyarakat Wae Codi pada umumnya, karena kita masih dalam masa pandemi yang harus dituntaskan secara bersama-sama. dengan disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, kita pasti bisa bersama-sama melawan COVID-19 supaya pandemi ini bisa terselesaikan dan kita bisa hidup normal kembali, beraktivitas seperti biasa tanpa ada pembatasan.

“Kepada masyarakat yang ada di Wae Codi untuk bersama-sama ikut mendukung Vaksinasi COVID-19 yang sudah Aman,” tungkasnya.

Reporter : Robert

Editor : Andre

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi