Kolaborasi Remaja Masjid Al-Kautsar Kelurahan Indro,DMI dan PMI gelar Donor Darah Di Bulan Ramadhan

Kolaborasi Remaja Masjid Al-Kautsar Kelurahan Indro,DMI dan PMI gelar Donor Darah Di Bulan Ramadhan

GRESIK,Liputan7.id – Remaja Masjid Al-Kautsar Kelurahan Indro Kecamatan Kebomas Gresik menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Gresik menggelar aksi sosial donor darah pada Jum’at (15/4) seusai sholat Tarawih bertempat di halaman Masjid setempat.

Ada sekitar 50 peserta donor darah yang antusias mendaftarkan dirinya, namun yang berhasil hanya 37 peserta, hal itu disebabkan tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat.

Penyelenggaraan donor darah rutin dilakukan oleh Unit Donor Darah yang diselenggarakan oleh organisasi sosial dengan tugas pokok dan fungsinya di bidang Kepalangmerahan atau dalam hal ini PMI.

Akan tetapi tempat donor darah tersebut tidak hanya terpusat di kantor PMI, namun juga bisa diselenggarakan di tempat publik dan pusat keramaian seperti sekolah, Mal, Masjid dan Kampus.

Ketua Remaja Masjid Al-Kautsar M. Samsul Huda menyampaikan terima kasih kepada segenap pengurus remas atas kerjasamanya, takmir masjid yang telah memfasilitasi serta kepada warga masyarakat Indro dan sekitarnya yang sangat antusias menyumbangkan darahnya.

“Alhamdulillah kami dari pihak remas bisa berkolaborasi dengan takmir masjid,Dewan Masjid Indonesia dan juga PMI Kabupaten Gresik sukses menggelar sedekah darah dengan antusiasnya warga mengikuti kegiatan ini”. ungkapnya.

Salah satu petugas dari PMI Kabupaten Gresik, Ratna Dewi saat ditemui wartawan media ini menyampaikan bahwa masyarakat Indro sangat antusias mengikuti kegiatan sosial ini meskipun tidak semua bisa mendonorkan darahnya karena ada beberapa yang tidak memenuhi syarat.

“PMI sendiri merasa terbantu dengan adanya kegiatan donor darah ini karena stok darah sedang menipis pas bulan ramadhan seperti ini”.

Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat Indro atas partisipasinya dalam kegiatan sosial membantu sesama dan membantu stok darah yang ada di PMI Gresik.

Sementara salah satu peserta donor darah, Purnomo Tuweni mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya aksi donor darah oleh remaja masjid Al Kautsar.

“Saya kira kegiatan ini sangat baik, karena selain bermanfaat bagi kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian sosial, juga akan bermanfaat bagi kesehatan pendonor itu sendiri”.

Aksi donor darah merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia untuk kegiatan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial.(Edy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi