Kuliner Khas Penggugah Selera Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Pamekasan

Kuliner Khas Penggugah Selera Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Pamekasan


Pamekasan,Liputan7.id – Kota bertajuk bumi gerbang salam punya olahan kuliner yang rasanya wajib dicoba oleh setiap masyarakat yang berkunjung ke pamekasan atau sekedar berwisata ke tempat ini. Kurang lengkap jika teman-teman tidak mencoba wisata kuliner yang ada salah satunya adalah Kuliner Campor Lorjuk, Campor Tolang,hingga yang lainnya. (Sabtu/07/05/22)

Sajian pengugah selera ini menjadi andalan yang hanya ada di Kabupaten Pamekasan saja tepatnya di Kecamatan Pademawu, dikeluarkan bugih, dan kecamatan kota pamekasan, hingga banyak tempat-tempat yang wajib dikunjungi oleh food blogger/masyarakat.

Bahan utama dari Campor Lorjuk tentu adalah Lorjuk itu sendiri. Lorjuk adalah sejenis kerang laut yang berukuran 3-4cm banyak ditemukan di tepi pantai pesisir pulau madura.

Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. Jenis kerang bambu ini bisa teman-teman temukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai. Untuk bisa mendapatkan kerang bambu bukanlah pekerjan yang mudah, Kenapa ? karena butuh kesabaran, kejelian dan keahlian juga.

Campor Lorjuk sendiri kalau dilihat sekilas seperti Soto, tapi kali ini sotonya berbahan Lorjuk.

Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto’) yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan tidak lupa diberi taburan Lorjuk yang sudah dimasak dibagian atasnya sebagai topping.

Sedangkan, Campor Tolang memang berbeda dengan jenis Campor lainnya pada umumnya, bumbu rujak ini menggunakan lontong, tauge, suun, sayuran, tahu, kripik singkong, bawang goreng, bumbu kacang dan pisang biji.

Sementara perbedaannya, kalau campor pada umumnya dicampur dengan daging atau ayam. Tapi Campor Tolang ini langsung dikasih tulang daging sapi yang sudah direbus lama sekitar 5-7 jam terlebih dahulu dengan bumbu serta resep yang sudah turun temurun.

Kuah gurih kental dari Campor Lorjuk dan Campor Tolang sendiri semakin khas dengan campuran petis yang juga terbuat dari kerang bambu.

Petis Lorjuk sendiri cukup terkenal di tengah-tengah masyarakat Madura, rasanya yang asin dan gurih sempurna. Panganan yang satu ini biasa disediakan jika ada tamu penting yang datang karena dirasa sangat spesial.

Harga Campor Lorjuk dan Campor Tolang sendiri cukup ramah dikantong berkisar antara Rp7.000-10.000 per porsi.(Idrus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi