Candi Borobudur Pusat Kegiatan Hari Waisak 2022, hingga Penyesuaian Jalur Wisatawan

Candi Borobudur Pusat Kegiatan Hari Waisak 2022, hingga Penyesuaian Jalur Wisatawan


Magelang,L7.ID – Peringatan Hari Raya Waisak 2022/2566 BE (Buddhist Era) tahun ini kembali dilangsungkan secara tatap muka setelah dua tahun absen lantaran pandemi Covid-19. Rangkaian acara Waisak 2022/2566 BE (Buddhist Era) dipusatkan di Candi Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Senin (16/5/2022).

Namun karena saat ini masih Pandemi Covid-19 peserta perayaan Waisak 2022 dibatasi, khususnya di zona I Borobudur. Peserta yang boleh masuk ke zona I atau di lokasi detik-detik Waisak dibatasi hanya sebanyak 1.200 orang saja, dan tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes).

Adapun detik-detik Waisak dijadwalkan berlangsung pada Senin, 16/5/2022 pukul 11.13.46 WIB. Kemudian setelah itu, akan dilanjutkan dengan kegiatan Dharmasanti.

Rangkaian acara kegiatan Waisak umat Buddha Indonesia di Candi Borobudur yang dilangsungkan mulai 14-16 Mei 2022, merujuk Buku Acara Waisak 2566 BE.

Rangkaian acara Waisak 2022 di Candi Borobudur dimulai pada Sabtu 14/5/2022 dengan melakukan potong tumpeng dan membagikan sembako di Candi Borobudur.

Sementara itu, untuk kegiatan tanggal 16/5/2022 digelar seremonial atau Dharma Shanti di Taman Lumbini Candi Borobudur.

Setelah itu ada pelepasan lampion berjumlah 2022 disertai dengan doa bersama di marga utama kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur telah dimulai dari pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB.

Menjelang acara puncak perayaan Hari Waisak 2022, jalur wisatawan di Candi Borobudur  hari Senin, 16/5/2022 akan disesuaikan. Penyesuaian jalur wisatawan tersebut telah dijelaskan oleh General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto.

Wisatawan dari arah Jogja yang biasanya bisa lewat Balbapang akan dialihkan ke pertigaan gerbang Blondo. Lebih lanjut, wisatawan yang sudah masuk ke dalam area Candi Borobudur juga akan diberlakukan penerapan skenario agar tidak mengganggu rangkaian ibadah.

Sementara untuk area parkir wisatawan, tetap normal seperti biasa yaitu masuk dari pos 3 melalui pintu yang sama. Namun saat di kawasan plataran, pengunjung akan berbagi tempat dengan umat, karena umat akan menggunakan Plataran Kenari untuk ibadah dan adanya altar besar.

Wisatawan hanya dapat mengakses sampai dengan setengah lingkaran sisi selatan, yang artinya wisatawan tetap bisa naik ke plataran namun tidak di area Plataran Kenari.

Wisatawan yang ingin mengunjungi Candi Borobudur hari ini dihimbau untuk tidak perlu khawatir karena akan ada petugas khusus yang memberikan petunjuk kepada pengunjung.(Puji S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi