Ganjar Ikuti Perayaan Waisak 2022 Di Candi Borobudur Yang Berlangsung Khidmat

Ganjar Ikuti Perayaan Waisak 2022 Di Candi Borobudur Yang Berlangsung Khidmat


MAGELANG, LIPUTAN7.ID Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) S. Hartati Murdaya melepas peserta arak-arakan untuk mengiringi Api Dharma dan Air Berkah Tri Suci Waisak 2566 Buddhist Era yang dipusatkan di pelataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Senin, (16/5/2022).

Sejumlah Biksu bermeditasi saat prosesi perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022. Mereka terlihat khidmat bermeditasi meski cuaca di kawasan tersebut panas. Peringatan Waisak Tahun ini mengusung Tema “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati”.

Acara dihadiri Wakil Menteri Agama RI Zaenud Tahid yang Dalam sambutannya, mengajak agar seluruh umat Budha mampu meneladani ajaran yang diajarkan Sang Budha, yaitu berbudi luhur.

“Peringatan Waisak yang dipimpin oleh Bhisu WongsinLabiko dan mengingatkan terhadap Umat Agama Budha agar selalu ingat terhadap sesuatu yang tidak jelas didunia ini, agar umat Budha selalu Mentauladani Sang Budha. Semoga kita mampu meneladani sang Budha, dan tidak merendahkan diri, serta mampu menunjukan pedoman hidup yang sempurna,” ujarnya.

Api dharma dan Air Berkah Waisak sebelumnya disemayamkan di Candi Mendut yang kemudian Api Dharma diambil dari Mrapen di Kabupaten Grobogan terahir Air Berkah diambil dari Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Ribuan umat Buddha mengikuti arak-arakan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada Hari Raya Waisak.

Prosesi perayaan Waisak dilangsungkan di halaman Candi Borobudur pada sekitar pukul 11.00 WIB. Acara perayaan Waisak lalu ditutup dengan pelepasan lampion Malam ini (Senin,16/5/2022).

Untuk diketahui, Acara peringatan Waisak berjalan lancar tertib dan aman dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) ketat.

(Puji S/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi