Bupati Jepara Longgarkan Pemakaian Masker Dan Kegiatan Diluar Ruangan Bagi Masyarakat

Bupati Jepara Longgarkan Pemakaian Masker Dan Kegiatan Diluar Ruangan Bagi Masyarakat


JEPARA, LIPUTAN7.ID Pemerintah Kabupaten Jepara memberikan kelonggaran pemakaian masker serta kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di luar ruangan. Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali. Seperti arahan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor (Selasa 17/5/2022). Hal itu disampaikan Bupati di kantor Bupati Jepara Jawa Tengah. Rabu, (18/5/2022).

Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemaikan masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka. Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor. Selasa (17/5/2022).

Sementara masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, dan mengalami gejala batuk dan pilek, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, itu bagian dari menyiapkan masyarakat menyongsong Endemi Covid-19. Pelonggaran pemakaian masker dan kegiatan di luar ruangan ini lantaran capaian vaksinasi di Kota Ukir cukup tinggi. Juga mengikuti apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo berkait kebijakan pemakaian masker.

“Tentu kita akan mengikuti apa yang disampaikan Presiden. Capaian vaksinasi kita juga sudah cukup mumpuni,” ujar Andi, sapaan Dian Kristiandi kepada awak media.

“Kegiatan di luar ruangan, seperti Car Free Day (CFD) ya, akan kita longgarkan asalkan tidak meninggalkan ketertiban,” kata Andi.

Kebijakan lainnya yakni pelonggaran syarat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Swab Antigen bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri. Jokowi mengatakan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap tidak perlu lagi melakukan Swab ataupun PCR.

(Puji S/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi