Bupati Serahkan Hadiah Lomba Desa, Dorong Desa Berdayakan Masyarakatnya

Bupati Serahkan Hadiah Lomba Desa, Dorong Desa Berdayakan Masyarakatnya


JEPARA, LIPUTAN7.ID — Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba desa tahun 2022. Penyerahan dilakukan Rabu 18/5/2022 dalam kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Obyek Wisata Pandan Arum Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Tahun 2022 ini, juara 1 lomba desa diraih oleh Desa Tanjung Kecamatan Pakisaji. Disusul oleh Desa Jugo Kecamatan Donorojo sebagai juara 2 dan Desa Kunir Kecamatan Keling sebagai juara 3.

Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Desa Sumanding Kecamatan Kembang, juara harapan 2 diraih oleh Desa Pringtulis Kecamatan Nalumsari dan juara harapan 3 diraih oleh Desa Krapyak Kecamatan Tahunan.

Atas prestasi ini, para juara lomba desa akan digelontor hadiah dari Pemerintah Kabupaten Jepara. Juara 1 memperoleh hadiah senilai Rp. 1 milyar. Juara 2 sebesar Rp. 750 juta dan juara 3 mendaatkan Rp. 500 juta.

Bupati Dian Kristiandi mengungkapkan jika tujuan awal dari lomba desa adalah mewujudkan kegotong-royongan dalam bentuk swadaya masyarakat. Selain itu juga untuk mendorong pemberdayaan masyarakat desa.

“Selamat untuk para pemenang, saya yakin semua desa sudah melakukan yang terbaik. Saya meminta langkah baik ini diteruskan ke bawah. Ajak masyarakat kedepankan gotong-royong. Jika setiap desa bisa melakukan hal yang sama, maka kemajuan Jepara tidak lama lagi akan terwujud,” ungkap Andi. Kamis, (19/05/2022).

Dirinya meyakini jika keberadaan lomba desa ini akan mendorong setiap desa untuk melakukan yang terbaik bagi desa dan masyarakatnya.

“Jika setiap tahun ada enam desa yang terbaik, maka dalam sepuluh tahun ke depan semua desa sudah mampu memberdayakan masyarakatnya dan menunjukkan kegoton-royongan tersebut,” jelas Andi.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan itu menyampaikan jika semangat gotong royong harus digelorakan terus. Andi menegaskan, gotong royong harus dimaknai bukan hanya sebagai slogan semata.

“Oleh karena itu gotong royong harus kita implementasikan dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari dalam bekerja sehari-hari,” tandas Andi.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat. Diantaranya kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu, bansos yatim piatu, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, dan juga keluarga pra sejahtera, bibit tanaman, dan bibit ikan. Launching BBGRM ini juga diwarnai dengan pameran sejumlah stan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara.

(Edy/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi