Bukit Tiga Nama Di Dusun Tinggi Pandan Mengurai

Bukit Tiga Nama Di Dusun Tinggi Pandan Mengurai


JAMBI, LIPUTAN7.ID Dusun Tinggai Pandan Mangurae (Dusun Tinggi Pandan Mengurai Yang kini dikenal dengan Nama Wilayah Depati Payung Pondok Tinggi, Kecamatan Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh.

Pondok Tinggi adalah salah Satu Kecamatan di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Suatu Wilayah yang banyak dikenal oleh para Wisatawan Manca Negara maupun wisatawan dalam Negeri ini dikarenakan wilayah Pondok Tinggi berdiri salah satu diantara Cagar Budaya yang dimiliki Republik ini yaitu bangunan Tua Masjid Agung Pondok Tinggi yang berukuran besar berukir dan bangunannya tidak menggunakan Paku. Itulah keunikan dari bangunan yang berusia sangat tua didirikan pada hari Rabu tanggal 1 Juni 1874, masih berdiri kokoh dan masih digunakan sampai saat ini.

Bangunan Tua Masjid Agung Pondok Tinggi
Bangunan Tua Masjid Agung Pondok Tinggi

Lebih unik lagi wilayah Adat dan wilayah Pemerintah Kecamatan sama batasnya dengan luas 910 Km persegi,
Pondok Tinggi adalah salah satu Kecamatan di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, Indonesia. Populasi total 20.828 Jiwa dan Sebagian besar masyarakat warga Pondok Tinggi pada umumnya menggunakan bahasa Kerinci dengan dialog dan irama Khas Pondok Tinggi serta mempunyai 7 Desa 1 Kelurahan sebagai berikut :
1. Kelurahan Pondok Tinggi.
2. Desa Sungai Jernih.
3. Desa Aur Duri.
4. Desa Pondok Agung.
5. Desa Permanti.
6. Desa Lawang Agung.
7. Desa Karya Bhakti.
8. Desa Koto Lebu.

Di Wilayah Pondok Tinggi ada sebuah Bukit Hutan Pinus yang terletak di Desa Sungai Jernih mempunyai 3 Nama yang lazim disebut masyarakat pada umumnya, ada yang menyebut Ukit Takia (Bukit Terbakar), Bukit Simancik, Ukit Padon ( Bukit Padang atau tempat Gembala).

Nah, tentu ini jadi perbincangan warga Pemuka Masyarakat dan Tokoh Pemikir Wilayah Pondok Tinggi saat ini untuk mencari satu nama yang tepat untuk dipatenkan.

Camat Pondok Tinggi Hendripal saat dikonfirmasi lewat jejaring sosialnya mengatakan, sebab bukit itu disamping dijadikan Destinasi Wisata juga dipuncaknya akan dijadikan Area Take off Atlit Para Layang Nasional tahun ini, pada Momen inilah agar Pondok Tinggi lebih Viral dan dikenal lagi di Nusantara, maka kita akan patenkan satu nama untuk Bukit diwilayah pondok tinggi ini sebelum Even Nasional itu digelar.

“Mari kita sama sama mendukung Even Para Layang yang dilaksakan oleh Provinsi ini, semoga sukses pelaksanaannya maka seterusnya akan dijadikan Agenda Nasional tiap Tahunnya,” ujar Hendripal. (Toni/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi