Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kembali Terima Narapidana Baru Dari Rutan Kelas I Surabaya

Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kembali Terima Narapidana Baru Dari Rutan Kelas I Surabaya


PAMEKASAN, LIPUTAN7.ID Dalam upaya sinergitas antar Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Wilayah Jawa Timur, Pagi ini, Rabu (25/05/2022) Pukul 08.00 WIB Lapas Narkotika Kelas llA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim kembali terima 30 (Tiga Puluh) Narapidana dari Rutan Kelas I Surabaya (Rutan Medaeng). Mereka semua adalah Narapidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht) Sesuai dengan Berita Acara Serah Terima Nomor. W15.PAS.PAS2-PK.01.01.02-1406 tanggal 25 Mei 2022.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto membenarkan bahwa ke-30 Narapidana ini adalah sebagai upaya mengurangi over kapasitas sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan kamtib di Rutan Kelas I Surabaya.

“Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk mengurangi over kapasitas sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan kamtib dan untuk memberikan pembinaan lebih lanjut terhadap warga binaan baru tersebut di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim,” terangnya. Rabu, (25/05/2022).

Lebih lanjut, Yan Rusmanto mewajibkan Ke-30 Narapidana dapat mengikuti semua peraturan yang berlaku di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

“Mereka nantinya wajib mengikuti semua program pembinaan yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim karena itu merupakan syarat usulan terkait hak Narapidana dan program pembinaan yang akan diberikan kepada Narapidana, tetap mengacu pada Laporan Perkembangan Pembinaan Narapidana serta wajib menyampaikan hasil penilaian menggunakan Instrument SPPN, seluruh Narapidana akan dinilai oleh Wali Pemasyarakatan sesuai SK yang ada,” tegasnya.

Sementara itu Ka.KPLP Basuki Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim menambahkan proses penerimaan Narapidana baru dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Pandemi Covid-19.

“Kami tetap mewajibkan para Narapidana baru untuk tetap menggunakan masker dan kami melakukan Swab Antigen kepada Ke-30 Narapidana baru untuk deteksi dini penyebaran Covid-19 sebelum masuk ke Blok Hunian. Ini sebagai upaya internal kami untuk sterilisasi dan mencegah penyebaran virus Covid-19 di dalam Lapas,” ujarnya.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dokumen oleh tim Registrasi Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim. Dengan dibantu Regu pengamanan ke-30 Narapidana ini langsung diarahkan ke blok Mapenaling.(Idrus/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi