Rakercab ke-2 GP Ansor Gresik Rumuskan Skema Kaderisasi dan Kemandirian Organisasi

Rakercab ke-2 GP Ansor Gresik Rumuskan Skema Kaderisasi dan Kemandirian Organisasi


GRESIK,L7.ID – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gresik sukses menghelat Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-2 di salah satu hotel di Kabupaten Gresik, Sabtu (28/5).

Agenda Rakercab ke 2 ini bertujuan untuk merumuskan penataan dan penyusunan skema program kegiatan organisasi selama tahun 2022.

Tema besar Rakercab II PC GP Ansor Gresik tahun 2022 adalah “Mewujudkan kemandirian organisasi untuk masa depan Ansor dan Ansor masa depan”. Tema ini dimaksudkan sebagai spirit menentukan arah gerakan serta mewujudkan pemberdayaan ekonomi untuk kemandirian organisasi.

Ketua GP Ansor Gresik Abdul Rokhim mengatakan, beberapa program yang dirumuskan dalam Rakercab ini akan menjadi pijakan arah gerakan kader Ansor dan juga organisasi secara keseluruhan.

“Salah satu program yang diusulkan dan disepakati oleh sahabat Ansor adalah pendirian Badan Usaha. Ini untuk menjawab terkait dengan kemandirian organisasi dan juga pemberdayaan ekonomi,” kata Rokhim.

Membangun kemandirian organisasi ini diharapkan dalam satu tahun kedepan bisa diwujudkan dalam membentuk Badan Usaha Milik Ansor (BUMA) seperti model koperasi yang nantinya bisa diawali dari tingkatan Cabang kemudian diikuti tingkat PAC sampai Ranting.

“Jadi BUMA ini nantinya bisa kita kolaborasikan dan dikoordinir oleh Cabang. Sehingga nanti ada potensi-potensi dari tingkat PAC baik itu UMKM atau produk-produk dari PAC maupun Ranting yang bisa dikelola oleh kader Ansor,” ujarnya.

Ditambahkan Abdul Rokhim, selain program yang sudah rutin dilakukan seperti kaderisasi baik itu PKD, PKL, Diklatsar, dan Susbalan ada juga beberapa program internal.

“Salah satunya melakukan turba ke lintas PAC dan anak Ranting Ansor secara rutin dan berkala untuk menjaring dan berkomunikasi langsung terkait dengan kondisi perkembangan pengurus di tingkatan paling bawah”.tambahnya.

Selain program kerja eksternal, program internal juga difokuskan untuk melakukan perbaikan-perbaikan administrasi yang menjadi keputusan penting sebagai dasar melaksanakan dan mensukseskan program satu tahun ke depan.

“Tutup satu tahun kemarin (red: 2021) kami memang masih fokus diprogram internal kelembagaan. Saat ini kami seimbangkan keduanya baik program internal dan eksternal harus berjalan beriringan untuk dapat mewujudkan tema besar Ansor Gresik dalam setahun kedepan”. pungkas Rokhim.

Dalam Rakercab tersebut selain dihadiri Ketua PCNU Gresik, KH Mulyadi dan Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir. Rakercab juga diisi dengan Dialog Wawasan kebangsaan dengan Narasumber Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid.(Edy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi