Gus Haiz Gelar Reses II, Penyerapan Aspirasi Bertema “Bersatu Membangun Kemandirian UMKM Jepara”

Gus Haiz Gelar Reses II, Penyerapan Aspirasi Bertema “Bersatu Membangun Kemandirian UMKM Jepara”


JEPARA, LIPUTAN7.ID Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif sekaligus politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) biasa disapa Gus Haiz, menggelar Reses II di Joglo Gunung Krinan Desa Raguklampitan, Dukuh Plosorejo, RT.20/RW.05, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Rabu (1/6/2022) Pagi.

Gus Haiz selain politisi PPP, juga seorang pengusaha muda dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Jepara.

Gus Haiz dalam kegiatan Reses II DPRD Kabupaten Jepara didampingi oleh Samiadji Kepala Diskop UKMnakertrans Jepara, Habib Abdullah al-Kaaf Mayong, serta Lukman Khakim dan Nur Rohmad (Tim Ahli Gus Haiz), dengan mengundang para pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Batealit, Tahunan, Welahan, Nalumsari, dan Mayong.

Nampak hadir pelaku UMKM dari berbagai wilayah Kabupaten Jepara, ada pengusaha kopi, camilan/snack, peternak bebek, ikan lele, dan ikan nila.

Saat memberikan sambutannya, Gus Haiz sebagai seorang pengusaha juga ikut memahami kendala pelaku UMKM, khususnya dari sisi permodalan dan pemasaran dihadapan para tamu undangan yang hadir.

Pelaku UMKM tampak antusias mendengar paparan pengalaman Gus Haiz menceritakan suka dan duka menjadi pengusaha di bidang Ternak Ayam dan Jasa Tour dan Travel Haji dan Umroh kepada pelaku UMKM yang hadir dan berasal dari beberapa wilayah desa dari Kecamatan Batealit, Tahunan, Welahan, Nalumsari dan mayong.

“Hampir selama 2 tahun lebih, akibat dampak Pandemi Covid-19, penyaluran kredit dari Perbankan mengalami penurunan pinjaman lunak untuk UMKM Jepara yang membutuhkan dukungan permodalan usaha,” kata Gus Haiz.

“Dengan acara penyerapan aspirasi para pelaku UMKM, nantinya kita akan bantu dengan koordinasi bersama dinas-dinas terkait, agar UMKM Jepara naik kelas,” tambah Gus Haiz.

“Kita semua berharap pelaku UMKM mampu survive dan eksis dalam persaingan produk, dengan inovasi packaging yang menarik dan pemasaran baik offline dan on-line. Dan pemasaran hasil produksi juga bisa melalui expo dagang di Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional,” imbuhnya.

Gus Haiz berharap dengan adanya Reses atau penyerapan aspirasi konstituen ini, merupakan bentuk kepedulian terhadap UMKM, baik binaan dari dinas UMKM dan kelompok UMKM lintas kecamatan dan wilayah se Kabupaten Jepara.

Samiadji juga sampaikan bahwa, Diskop UKMnakertrans Jepara akan mefasilitasi perijinan secara kolektif buat pelaku UMKM dan memberikan dukungan melalui program pelatihan tentang pengemasan atau packaging yang menarik.

“Kita akan berikan advokasi kemudahan perijinan kelompok UMKM, pelatihan packaging dan pemasaran buat UMKM se Kabupaten Jepara,” ucap Samiadji.

Persoalan pemasaran dan permodalan juga disampaikan oleh Yeni, salah satu peserta pengusaha UMKM produk olahan berbahan baku singkong dari Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari, kepada Gus Haiz.

Haizul Ma’arif berjanji akan membantu melalui aspirasi dewan, dengan memberikan bantuan keuangan untuk dikelola melalui kelompok UMKM sesuai regulasi dan peraturan yang berlaku.

Banyak hal yang dibahas dalam acara tanya jawab oleh Haizul Ma’arif dan tamu undangan, seperti tingginya harga bahan baku makanan ternak, buat peternak bebek dan lele, kendala perijinan, pemasaran, kendaraan operasional, sarana display produk UMKM, kebutuhan lokasi atau galeri UMKM.

Semua masukan oleh peserta Reses Gayeng ini, ditampung oleh Gus Haiz. Dan sebagai Ketua DPRD Jepara akan mensupport, memberikan dukungan, bimbingan dan pembinaan kepada UMKM, dengan bekerjasama dengan pihak terkait khususnya dinas UMK Kabupaten Jepara.

Salah satu pengusaha UMKM bernama Maskuri yang di dampingi istrinya Linda Yunifita, dalam Reses II bersama Gus Haiz, menghadirkan, membawa dan memperkenalkan produk andalan dengan merek dagang Lele Bumbu Sang Kuriang (Omah Besek Jepara) siap goreng dengan kemasan excellent.

Maskuri dan Linda Yunifita rumah produksinya beralamat di Desa Bringin RT.14/RW.06, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

(Puji S/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi