Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara Hadiri Peringatan HKG PKK ke-50 Tahun 2022 di Banua Sibohou II 

Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara Hadiri Peringatan HKG PKK ke-50 Tahun 2022 di Banua Sibohou II 


Nias Utara,Liputan7.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara, Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu dan rombongan menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-50 Tahun 2022, tingkat kabupaten Nias Utara, provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan di desa Banua Sibohou II, kecamatan Alasa, Selasa (31/5/2022).

Memasuki pintu gerbang lokasi pelaksanaan kegiatan, kedatangan rombongan ketua Tim Penggerak PKK kabupaten disambut hangat oleh warga, disusul kedatangan rombongan bupati dan wakil bupati Nias Utara, Sekda, kepala – kepala OPD, camat dan kepala-kepala desa di Nias Utara.

Acara penyambutan dilakukan oleh pemudi-pemudi desa Banua Sibohou II, jajaran Forkompimcam Alasa dan diiringi atraksi maena penyambutan yang dilakukan oleh anggota PKK desa Banua Sibohou II, kecamatan Alasa.

Rangkaian acara diawali dengan laporan ketua panitia pelaksana HKG PKK kabupaten, disusul dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya PKK di Indonesia, lalu dilanjutkan dengan sambutan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara.

Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu dalam sambutannya menyinggung tentang betapa pentingnya pemberdayaan sebuah keluarga . Ia mengatakan bahwa peringatan HKG PKK ke-50 tahun 2022 ini, menjadi sangat istimewa karena bertepatan perayaan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

“Keluargalah yang harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat, sehingga apabila keluarga – keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potentsi dan kebutuhannya, maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat sebagai bagian secara keseluruhan,” ujar Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu.

Nyonya Bupati, menambahkan, menjadi sangat beralasan bilamana tema peringatan HKG PKK ke – 50 tahun 2022 ini adalah 50 Tahun Gerakan PKK, “Berbakti Untuk Bangsa Berbagi Untuk Sesama,” hingga melekat terus dalam hati sanubari kita sebagai keluarga besar gerakan PKK.

“Tema ini juga harus menjadi kerja kita bersama bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprah gerakan PKK dalam ikut serta menunjukkan dan menyejahterakan masyarakat yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Sepanjang 50 tahun perjalanan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan, dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi semua, bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu, perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa yakni dengan hati dan niat yang tulus,” jelas ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara.

Nyony Bupati melanjutkan, gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerja sama, selain itu momentum dalam memperingati hari kesatuan gerak PKK harus dapat kita gunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program.

Untuk melakukan hal ini, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana disepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional atau Rakernas IX PKK tahun 2021.

Terkait hal di atas, Nyonya Arismanwati Amizaro Waruwu berharap agar hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 tidak hanya menjadi dokumen yang tersimpan dalam lemari, tetapi sejalan dengan makna gerakan, berarti PKK bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan, dan senantiasa agar ada rasa kemampuan dalam gerakan PKK secara monoton dan diharapkan ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah.

Di akhir sambutannya, ketua TP PKK kabupaten Nias Utara berharap kepada jajaran Tim Penggerak PKK, kepada kader PKK, dan kader Dasawisma Kabupaten Nias Utara, pertama, agar jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bakti PKK untuk bangsa; dan kedua, berbagi untuk sesama dan saling membantu, merupakan inti program gerakan PKK.

Sementara Wakil Bupati Nias Utara, Yusma Zega, dalam arahannya menegaskan agar kader-kader PKK dapat meningkatkan motivasi, khususnya PKK dapat untuk melaksanakan 10 program PKK.

Serta dapat menggelorakan semangat bagi kaum wanita untuk terus bersatu melahirkan putra-putri yang cerdas dengan pendidikan yang berkualitas.

“Melalui peringatan HUT PKK ini, mari tingkatkan kinerja dengan gerakan PKK harus selaras dengan program pemerintah. PKK bisa bangkit dan bergerak jika pemerintah mendukung program ini.

Banyak inovasi dari masyarakat Nias Utara, yang menghasilkan sebuah produk dan menjadikan sumber penghasilan masyarakat di Nias Utara, semua OPD harus mendukung Program PKK, karena OPD adalah dewan penyantun PKK,” ujar wakil Bupati.(Hepiwarman Hulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi