Plt. Wali Kota Pematangsiantar, Pencapaian RPJMD Kota Pematangsiantar Tahun 2022-2027 Butuh Kolaborasi Dan Sinergitas Berbagai Lintas Sektor.

Plt. Wali Kota Pematangsiantar, Pencapaian RPJMD Kota Pematangsiantar Tahun 2022-2027 Butuh Kolaborasi Dan Sinergitas Berbagai Lintas Sektor.


PEMATANGSIANTAR, LIPUTAN7.ID Plt. Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A menghadiri seminar tentang Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah yang digelar Ikatan Sarjana Ekonomi (ISEI) Siantar-Simalungun, di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar. Kamis, (2/6/2022).

Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A dalam sambutannya memaparkan, pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga pada tahun ketiga telah membawa perubahan yang signifikan, terutama dalam bidang perekonomian. Pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah di dunia yang sebelumnya masih positif secara tiba-tiba berubah dan mengalami kontraksi yang mengakibatkan pertumbuhan yang negatif, diiringi tingkat pengangguran dan kemiskinan meningkat.

Kondisi ini, lanjutnya, menjadikan pemulihan ekonomi sebagai agenda yang semakin penting untuk dilakukan.

“Dalam masa kepemimpinan yang baru ini, visi pembangunan Kota Pematangsiantar periode 2022-2027 adalah “Terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” terangnya.

Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A menjelaskan misi Kota Pematangsiantar, yaitu: menguatkan kehidupan masyarakat yang sehat, sejahtera, humanis, agamais, dan beradab dengan menghargai local wisdom dan keheterogenan yang berkualitas; menguatkan dan memulihkan perekonomian regional, penyehatan iklim usaha perdagangan dan jasa, UMKM, dan koperasi yang mandiri, kokoh dan berkeadilan yang terdampak masa pandemi dan atau pasca pandemi Covid-19; meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, responsive melayani berdasarkan prinsip good governance dan coorporate governance menguatkan sentralitas dan daya tarik kota, guna pencapaian Pematangsiantar sebagai sub pusat perdagangan dan jasa regional di Provinsi Sumatera Utara; serta mewujudkan kota berkualitas melalui penataan ruang, pengembangan infrastruktur, keindahan dan kebersihan lingkungan kota secara berkelanjutan.

Setiap misi, lanjutnya, telah dijabarkan dalam dokumen Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pematangsiantar tahun 2022-2027 yang akan ditetapkan dengan peraturan daerah, enam bulan sejak pelantikan kepala daerah terpilih.

“Untuk pencapaian sasaran tersebut dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas dari berbagai lintas sektor, dan saya mengharapkan masukan dan saran yang positif dari bapak ibu semua. Bersama kita membangun Kota Pematangsiantar untuk mewujudkan masyarakat Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua ISEI Siantar-Simalungun Toga Sehat Sihite dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan berharap seminar tersebut dapat memberikan sumbangsih pemikiran yang sangat baik dan berguna bagi semua pihak.

Sedangkan Kepala KPw BI Pematangsiantar Teuku Munandar mengatakan, ada lima hal yang dapat dilakukan untuk membuat ekonomi Pematangsiantar dan Simalungun bangkit dan maju. Kelimanya yaitu: mengoptimalkan potensi daerah dengan cara menyiapkan potensi-potensi unggulan; transformasi digital, agar digitalisasi di daerah dipercepat dan diperluas; peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui dunia pendidikan;
pemberdayaan UMKM, dalam hal ini pemerintah dan berbagai stakeholder harus hadir dan membantu UMKM menghadapi berbagai kendala yaitu akses kapasitas, akses permodalan, dan akses pemasaran; serta peningkatan investasi.

Tampak hadir, Guru Besar Universitas Gadjah Mada Prof Dr Mudrajad Kuncoro MBA, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara Dr Naslindo Sirait, para Pimpinan BUMN dan BUMD Kota Pematangsiantar, para akademisi se-Kota Pematangsiantar, dan para pelaku usaha di Kota Pematangsiantar.

(Zulfandi Kusnomo/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi