Plt. Walikota Pematangsiantar Hadiri Launching 3 Aplikasi Singadarat, Sidupas Dan Supepi

Plt. Walikota Pematangsiantar Hadiri Launching 3 Aplikasi Singadarat, Sidupas Dan Supepi


PEMATANGSIANTAR, LIPUTAN7.ID Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A menghadiri launching Tiga inovasi berupa aplikasi di bidang Kesehatan yang digelar di Aula Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar. Kamis, (2/6/2022).

Ketiga aplikasi yang di-launching itu yakni Sistem Informasi Penanggulangan Gawat Darurat (SINGADARAT) PSC 119, aplikasi sistem Peduli Pasien (SIDUPAS), dan aplikasi Pegawai Pintar (SIPEPI).

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronald H Saragih MKes dalam laporannya menerangkan, inovasi daerah merupakan sarana pemerintah untuk mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat yang lebih produktif, efisien, dan efektif. Hal tersebut sebagai upaya mempercepat terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Ketiga inovasi tersebut, lanjutnya, merupakan upaya menjadikan Kota Pematangsiantar sebagai Kota Inovatif, yang akan berpengaruh pada layanan publik. Selain itu tentunya akan mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan dan mengembangkan inovasi.

“Dengan adanya inovasi tersebut, kami mohon dukungan dari Ibu Walikota Pematangsiantar, Bapak/Ibu dari lintas sektor terkait agar inovasi ini tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan menuju Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Untuk ke depannya, kami sangat mengharapkan saran dan masukan bapak/ibu dalam pengembangan aplikasi tersebut sehingga dapat menjadi lebih baik lagi,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Ronald juga memohon kepada Plt Walikota Pematangsiantar untuk berkenan me-launching sekaligus menguji-coba penggunaan ketiga aplikasi tersebut.

Sementara itu, Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, diperlukan terobosan dan inovasi baru, baik dalam bidang pelayanan kesehatan maupun peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Reformasi birokrasi, lanjutnya, juga harus dilakukan, agar tercipta birokrat yang responsif, kompetitif, dan inovatif. Artinya, birokrat yang responsif harus dapat menyikapi aspirasi dan tuntutan masyarakat, serta tanggap dan cepat bergerak ketika ada keluhan masyarakat. Begitu pula senantiasa kompetitif dan inovatif dalam berkarya di segala bidang pembangunan, dan dapat mengatasi segala tantangan serta masalah yang ada dengan solutif.

Masih kata Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A, aplikasi SINGADARAT PSC 119 adalah perwujudan gerakan cepat, tepat, dan selamat dalam menangani keadaan gawat darurat yang terjadi di masyarakat. Sedangkan SIDUPAS merupakan aplikasi untuk memfasilitasi aspirasi, keluhan, dan tuntutan masyarakat yang mendapatkan pelayanan di RSUD dr Djasamen Saragih.

Kedua aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat dibentuk melalui pendidikan dan pelatihan yang lebih fleksibel dengan menggunakan aplikasi SIPEPI.

“Atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas di-launchingnya ketiga aplikasi tersebut, sebagai langkah inovasi dalam aksi perubahan menuju peningkatan mutu pelayanan, baik akses maupun kualitas Sumber Daya Manusia. Hal ini sebagai wujud komitmen Kota Pematangsiantar untuk terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan menuju Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” sebutnya.

Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A berharap inovasi tersebut tidak hanya momentum seremonial. Namun karya nyata yang dapat digunakan, baik di lingkungan Dinas Kesehatan, RSUD dr Djasamen Saragih, maupun oleh masyarakat luas.

“Kedepan, aplikasi-aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi,” pungkasnya.

Selanjutnya, Plt Walikota dr.Susanti Dewayani.Sp.A, meninjau langsung penggunaan aplikasi SINGADARAT di Ruang Center PSC 119.

Tampak hadir, Kapolres Pematangsiantar diwakili AKP H Manurung, Direktur Rumah Sakit Tentara Pematangsiantar diwakili Capt Laurensius S, Direktur RSUD dr. Djasamen Saragih dr Maya Damanik, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pematangsiantar, para camat se-Kota Pematangsiantar, pada direktur rumah sakit se-kota Pematangsiantar, pejabat struktural di Jajaran Dinkes dan RSUD dr Djasamen Saragih, serta para undangan.

(Wandy/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi