Satgas Covid-19 Pematangsiantar Tetap Waspada Dan Saling Bersinergi Transisi Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

Satgas Covid-19 Pematangsiantar Tetap Waspada Dan Saling Bersinergi Transisi Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi


PEMATANGSIANTAR, LIPUTAN7.ID  Kota Pematangsiantar harus mempercepat pencapaian target vaksinasi Covid-19 melalui berbagai strategi secara proaktif, persuasif, terfokus, dan terkoordinasi untuk pencapaian target yang telah ditetapkan. Sebab tingkat pencapaian vaksinasi merupakan salah satu faktor penting dalam upaya transisi dari pandemi menuju endemi.

Hal itu ditegaskan Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP saat melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta Percepatan Pencapain Target Vaksinasi, di Ruang Data Balai Kota Pematangsiantar. Kamis, (2/6/2022).

Plt. Walikota Pematangsiantar dr.Susanti,Sp.A yang diwakili Sekretaris Daerah Budi Utari Siregar AP mengingatkan kepada semuanya untuk dapat mendukung program transisi yang pemerintah siapkan secara bertahap dari pandemi menuju kondisi endemi. Program percepatan dan pencapaian

“Target vaksinasi melalui berbagai strategi secara proaktif, persuasif, terfokus, dan terkoordinasi harus dilakukan karena tingkat vaksinasi merupakan salah satu faktor penting dalam upaya transisi dari pandemi menuju endemi serta melakukan pengawasan dan edukasi protokol kesehatan terutama memakai masker untuk kegiatan di ruangan tertutup dan di transportasi publik, juga bagi populasi rentan (lansia, memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan anak yang belum divaksin) serta mereka yang memiliki gejala batuk, pilek, dan demam,” tegasnya.

Diminta pada seluruh Camat dan Lurah agar tetap tetap efektif dalam hal Penanganan Covid-19, bersinergi dengan Babinsa/Bhabimkamtibmas, Puskesmas, RT/RW, dan Stakeholder lainnya serta dalam hal memfasilitasi pelaksanaan pelayanan kesehatan berupa vaksinasi dan 3T (Testing, Tracing, Treatment) guna mempercepat deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19.

Pada Dinas Pendidikan dan Pengajaran agar tetap mempedomani regulasi terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka 100 persen dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat; serta diminta kepada semua agar tetap meningkatkan koordinasi, sinergitas, dan saling membantu antar instansi terkait, serta menghindari ego sektoral, sehingga program pemerintah dalam upaya transisi pandemi menuju endemi dapat berjalan dengan baik.

Kehadiran pemerintah di tengah masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan seyogianya dilakukan dengan cepat, tanggap, disertai keikhlasan diri untuk membantu sesama.

“Atas segala upaya keras yang telah dilakukan bersama selama ini, dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada berbagai pihak terkait yang telah bekerja sama dan tidak mengenal lelah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam penanganan Covid-19. Sehingga penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Pematangsiantar bisa sama-sama kita kendalikan dan pada akhirnya Kota Pematangsiantar bersih dari Covid-19,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat kondisi perkembangan Covid-19 serta pencapaian vaksinasi oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Efrida Damanik, kemudian diskusi dan tanya jawab.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar diwakili Baren Alijoyo Purba, perwakilan Polres Pematangsiantar, Dandim 0207/Simalungun diwakili Capt Inf Totok Ragil, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pematangsiantar diwakili Rendra Yoki Pardede SH, para Staf Ahli, Asisten, dan seluruh pimpinan OPD Kota Pematangsiantar, para camat dan lurah se-Kota Pematangsiantar, serta undangan lainnya.

(Julham Effendi/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi