Jokowi Ngebut Proyek Strategi Nasional, Termasuk Tol Semarang Demak Wajib Kelar 2024

Jokowi Ngebut Proyek Strategi Nasional, Termasuk Tol Semarang Demak Wajib Kelar 2024


SEMARANG, LIPUTAN7.ID Pemerintah Republik Indonesia mendorong percepatan penyelesaian Proyek Strategi Nasional (PSN). Proyek infrastruktur Nasional setidaknya bernilai Triliunan itu ditargetkan selesai sebelum 2024 mendatang, atau sudah memenuhi financial closing untuk proyek kerjasama Pemerintah dan badan usaha (KPBU). Jum’at, (3/6/2022).

Ada Ratusan proyek yang dikejar mulai dari konektivitas Jalan dan Jembatan, Bendungan, pengolahan sampah hingga pembangunan pipa gas. Termasuk proyek infrastruktur megah dengan ongkos pembangunan yang besar.

Melansir laman KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas) Jum’at 3/6/2022, ada beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) ‘megah’ yang akan selesai dibangun sebelum 2024 :

(1). Dua Bendungan Pecah Rekor

(a). Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah akan menjadi bendungan tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 159 meter dan panjang timbunan 543 meter dan lebar bawah 290 meter.

Bendungan Bener ini bakal dapat mengairi lahan pertanian seluas 15.069 Ha, mengurangi debit banjir sebesar 210 m3/detik. Serta penyedia air baku di wilayah sekitar hingga difungsikan sebagai pembangkit listrik.

Melansir laman KPPIP bendungan ini memakan biaya investasi sebesar Rp. 2 triliun dengan dana APBN, rencana ditargetkan beroperasi pada 2023 mendatang.

(b). Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur yang diklaim terpanjang se-Asia Tenggara. Dengan panjang mercu mencapai 3.100 meter.

Mengutip laporan KPPIP, proyek bendungan Semantok ini memakan biaya investasi mencapai Rp. 805 miliar yang berasal dari APBN-APBD, rencana operasi pada 2022 dan status konstruksi terakhir sudah mencapai 82%.

(2). Calon Tol Terpanjang RI

(a). Pembangunan jalan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap merupakan salah satu calon jalan tol terpanjang di Indonesia sepanjang 206,65 kilometer. Yang diharapkan dapat mengurai kemacetan jalur selatan Jawa.

Seksi 1&2 pembangunan tol dari Gedebage – Tasikmalaya dikejar selesai pada 2024 mendatang, sedangkan untuk Seksi 3&4 dari Tasikmalaya – Cilacap dipatok selesai pada 2029 mendatang.

(b). Pembangunan jalan tol Getaci merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional ini menyerap dana hingga Rp. 56 triliun. Dimana pendanaan proyek berasal dari swasta pemerintah atau KPBU.

(c). Tol Bawen Tembus Yogyakarta

Pemerintah juga mendukung pembangunan tol Yogyakarta – Bawen selesai pada 2024 mendatang.

Proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 km sudah dimulai pembangunannya ditandai dengan peletakan batu pertama (Groundbreaking) Rabu 30/3/2022 di Sleman, Jogja. Dengan nilai investasi yang cukup besar senilai Rp. 14,26 triliun.

Adanya pembangunan jalan tol ini harus mampu memberikan dorongan perkembangan ekonomi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pembangunan jalan tol ini dilaksanakan oleh PT. Jasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku Badan Usaha Jalan Tol yang dibentuk oleh konsorsium pemenang lelang.

(d). Tol Tanggul Laut Semarang  ‘Atlantis’

Meski menghadapi kendala pembebasan lahan karena lahan tanah musnah, tol ini masih terus didorong untuk selesai sebelum 2024 mendatang.

Selain untuk mendukung konektivitas, tol yang berada di utara Jawa ini berfungsi sebagai penahan banjir genangan air yang selama ini jadi permasalahan wilayah Semarang dan sekitarnya.

Proyek ini bagian dari skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di proyek Jalan Tol Semarang – Demak sepanjang 27 Km yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang dengan nilai investasi Rp.15 triliun.

(3). Jembatan Terpanjang RI

Meski di luar Jawa Kementerian PUPR juga bersiap membangun jembatan :

(a). Jembatan Batam – Bintan sepanjang 14,7 km.

(b). Jembatan Cable Stayed ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia yang membelah laut, bahkan lebih panjang dari jembatan Suramadu 5,4 km.

Mengutip akun Instagram Kementerian PUPR Selasa 5/4/2022 Pembangunan jembatan ini masih dalam tahap studi kelayakan, pembebasan lahan, izin lingkungan, penyiapan dokumen lelang, dan penyiapan readiness criteria.

Pada market sounding yang dilakukan pada tahun lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan nilai proyek jembatan ini ditaksir mencapai Rp.13,66 triliun, diharapkan dibangun pada 2022 ini. Selesai sebelum 2024 mendatang, karena masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

(Puji S/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi