Buka Musda LPM, Plt Walikota Pematangsiantar Ingatkan Sekarang Tidak Zamannya Lagi Berjalan Sendiri

Buka Musda LPM, Plt Walikota Pematangsiantar Ingatkan Sekarang Tidak Zamannya Lagi Berjalan Sendiri


PEMATANGSIANTAR, LIPUTAN7.ID  Saat ini tidak zamannya lagi kita berjalan sendiri. Semua unsur harus saling berkolaborasi dan bekerja sama, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi kesehatan dan perekonomian. Oleh sebab itu harus bersama-sama memperbaiki dampak-dampak yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani Sp.A dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kaban KesbangPol Kota Pematangsiantar Soefie M Saragih SSTP MSi, saat membuka Musda Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Pematangsiantar Periode 2022-2027, di
Simalungun Room-Siantar Hotel, Jalan WR Supratman Kota Pematangsiantar. Minggu, (5/6/2022).

Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kaban KesbangPol Soefie M Saragih SSTP MSi menyampaikan, juga menerangkan seperti diketahui bersama, tujuan utama dibentuknya LPM adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Pelaksanaan musda dalam sebuah organisasi, sambungnya, sangat diperlukan guna mengevaluasi dan melihat kinerja organisasi dari beberapa tahun belakangan yang telah dilaksanakan. Dengan begitu dapat diketahui apakah organisasi masih berjalan sesuai visi dan misi organisasi.

“Untuk itu saya berharap Musda LPM Kota Pematangsiantar ini, selain untuk mencari kepemimpinan yang baru, juga bertujuan mengevaluasi jalannya organisasi, bagaimana kinerja organisasi yang lalu, dan bagaimana bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik di masa mendatang. Semoga musda ini menghasilkan para pengurus baru yang amanah dalam menjalankan organisasi, serta mampu mengembangkan program-program strategis yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” paparnya.

Para pengurus yang baru nantinya, diharapkan dapat melihat perkembangan zaman, baik dari sisi kehidupan sosial, keagamaan, maupun sisi perekonomian yang saat ini juga didorong ke arah digitalisasi, ke depan, LPM Kota Pematangsiantar bukan saja menjadi penggerak, namun sebagai pelaku. Sebab LPM memiliki potensi untuk menggerakkan anggotanya dan masyarakat di sekitarnya, dan memberdayakan jajaran pengurus serta anggotanya.

Kepada DPD LPM Kota Pematangsiantar, diharapkan musda menghasilkan pemikiran yang dapat membantu kinerja Pemerintah Kota Pematangsiantar serta mampu mengedukasi masyarakat dalam sendi-sendi kehidupan. Termasuk menyusun langkah strategis dalam mendorong kepentingan memajukan daerah, khususnya Kota Pematangsiantar.

“Sinergitas dan kolaborasi senantiasa saya harapkan antara LPM Kota Pematangsiantar dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar. Ini semua kita lakukan untuk mempercepat terwujudnya Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, demi Kota Pematangsiantar Bangkit dan Maju,” harapnya.

Saat ini tidak zamannya lagi kita berjalan sendiri. Tetapi semua unsur harus saling berkolaborasi dan bekerja sama. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi kesehatan dan perekonomian. Oleh sebab itu harus bersama-sama memperbaiki apa yang sudah terdampak sebagai akibat Covid-19.

“Berkembangnya dinamika kehidupan biasanya selalu diikuti dengan semakin meningkatnya tantangan yang akan dihadapi, termasuk oleh setiap lembaga,” jelasnya.

Oleh karena itu, diperlukan suatu forum bagi berlangsungnya suatu proses evaluasi atas pelaksanaan program kerja, serta dirumuskannya langkah penyempurnaan yang diperlukan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan zaman.

“Seperti halnya dengan lembaga lainnya, Musda DPD LPM Kota Pematangsiantar ini merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi. Oleh karenanya, kami memandang musyawarah daerah ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam upaya menggairahkan dan menghidupkan serta membawa LPM Kota Pematangsiantar ke arah perubahan yang lebih baik lagi ke depan,” tutupnya.

Sementara Ketua Panitia yang juga Mandataris DPD LPM Kota Pematangsiantar, Zainul Arifin Siregar mengatakan, acara ini terlaksana berdasarkan mandat DPD LPM Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kepada dirinya, Joshua F Silalahi, dan Fitri Wahyuni Pohan, untuk segera menggelar pelaksanaan Musda DPD LPM Kota Pematangsiantar.

“Perlu diketahui, sebelum musda ini dilaksanakan, kita telah melakukan koordinasi dan konsultasi terhadap delapan kecamatan se-Kota Pematangsiantar,” sebutnya.

Lebih lanjut Zainul menyampaikan, berdasarkan kuasa yang diberikan DPD LPM Provinsi Sumut, pihaknya memberikan mandat kepada ketua dan sekretaris LPM kecamatan se-Kota Pematangsiantar.

“Nanti sebelum musda ini dilaksanakan, dimohon kepada Ketua DPD LPM Provinsi Sumatera Utara Drs H Hasnan Said SIP bisa mengukuhkan 8 LPM Kecamatan,” pinta Zainul seraya menambahkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beraudensi kepada Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A.

Dalam audiensi tersebut, lanjutnya, Plt Walikota dr.Susanti Dewayani.Sp.A berpesan agar ke depan kehadiran LPM di Kota Pematangsiantar bisa menjadi mitra sinergis dalam menjalankan perannya sebagai mitra pelaksanaan pembangunan maupun pengawasan.

Sedangkan Ketua DPD LPM Provinsi Sumut Drs H Hasnan Said SIP, menyampaikan, LPM merupakan mitra kerja pemerintah, antara lain dalam bidang pemerintahan, infrastruktur, sosial kemasyarakatan, dan ketertiban umum.

Pengurus terpilih nantinya, bisa melihat penjabarannya pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 114 Tahun 2014, yakni bagaimana peranan LPM di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, Hasnan Said menyampaikan, sebagai mitra pemerintah, para pengurus yang memegang mandat nantinya bisa memberi pencerahan di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi LPM harus mempunyai profil daerah agar mengetahui tahapan-tahapan pembangunan yang akan dilaksanakan,” kata Hasnan seraya mengucapkan terima kasih kepada Plt Walikota Pematangsiantar dr.Susanti Dewayani.Sp.A yang sangat mengapresiasi dan mensupport kehadiran LPM di Kota Pematangsiantar. Hingga terlaksananya Musda DPD LPM Kota Pematangsiantar ini.

“Saya yakin LPM di Pematangsiantar akan berjalan dengan baik sebagai mitra pemerintah,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua KNPI Kota Pematangsiantar Hendri Hutapea, Sekretaris DPS Partai Golkar Kota Pematangsiantar, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

(Wandy/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi