Luhut Putuskan, Bakal Naikan Tiket Turis Lokal Candi Borobudur 750 Ribu

Luhut Putuskan, Bakal Naikan Tiket Turis Lokal Candi Borobudur 750 Ribu


MAGELANG, LIPUTAN7.ID Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana mengubah harga tiket masuk ke  Candi Borobudur. Hal itu terungkap Sabtu, (4/6/2022) melalui akun  Instagram pribadinya, Luhut Binsar Pandjaitan.

Harga tiket masuk untuk Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebesar 100 dollar AS dan turis domestik Rp. 750.000.

Selain itu, pihaknya berencanan membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari.

“Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja,” tulis Luhut, melalui akun Instagram pribadinya. Sabtu, (4/6/2022).

Jika rencana tersebut dijalankan, maka harga tiket bisa melambung tinggi.

Saat ini, harga tiket dibanderol Rp. 50.000 bagi turis lokal dewasa dan Rp. 350.000 untuk wisman, berdasarkan informasi di borobudurpark.com.

Luhut menyebut, Pemerintah memiliki alasan kuat dibalik naiknya harga tiket masuk candi yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Alasan tersebut, yakni membatasi agar pengunjung yang naik ke situs budaya ini tak membludak.

Dengan demikian, kelestarian sejarah dan budaya nusantara dapat selalu terjaga.

Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara,” tutur Luhut.

Rencananya, Pemerintah akan membatasi kuota kunjungan Candi Borobudur hanya sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar AS untuk turis asing dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah.

Namun khusus pelajar yang hendak study tour atau berwisata ke Candi Borobudur, hanya dikenakan tarif Rp. 5.000.

Nantinya, menurut Luhut, semua turis asing atau lokal harus menggunakan tour guide atau pemandu wisata dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

Hal itu dilakukan untuk menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan rasa memiliki terhadap kawasan Candi Borobudur.

“Sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah Nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang,” imbuh Luhut.

Seperti dilansir dari borobudurpark.com, harga tiket Candi Borobudur saat ini bervariasi tergantung asal dan usia wisatawan.

Wisatawan lokal usia di atas 10 tahun, harus membayar Rp. 50.000 untuk sekali masuk. Sementara usia 3-10 tahun, tarif masuk sebesar Rp. 25.000 dan gratis bagi anak di bawah 3 tahun.

Bagi wisatawan lokal rombongan pelajar dan mahasiswa minimal 20 orang, dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 25.000, dengan catatan membawa surat pengantar sekolah/universitas.

Adapun bagi wisatwan mancanegara, harus membayar Rp. 350.000 untuk dewasa dan Rp. 210.000 untuk anak usia 3-10 tahun.

(Puji S/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi