PLN UIK TJB Berkolaborasi Dengan Polda Jateng Untuk Tingkatkan Pemanfaatan FABA

PLN UIK TJB Berkolaborasi Dengan Polda Jateng Untuk Tingkatkan Pemanfaatan FABA


JEPARA, LIPUTAN7.ID PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B menggandeng Korbinmas (Korps Pembinaan Masyarakat) Baharkam (Badan Pemeliharaan Keamanan) Polri menggelar pelatihan pemanfaatan FABA (Fly Ash & Bottom Ash). Kegiatan digelar pada Senin 6/6/2022 di Kantor PT. PLN UIK Tanjung Jati B Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara Jateng.

Kegiatan dengan mengusung tema “Pelatihan Pemanfaatan Fly Ash & Bottom Ash (FABA) untuk Meningkatkan Perekonomian Nasional Melalui Pemberdayaan Masyarakat Bersama Korbinmas Baharkam Polri” PLN UIK Tanjung Jati B berkolaborasi dengan tim dari Polda Jateng dan Polres Jepara.

Pertemuan antara jajaran manajemen  PLN UIK Tanjung Jati B dengan tim Dirbinmas (Direktorat Pembinaan Masyarakat) Polda Jateng dan Kapolres Jepara. Pertemuan berlangsung secara offline dan online dengan EVP K3L PLN, Komang Parmita.

Dalam pembukaan acara via online conference Komang Parmita menyatakan sangat mengapresiasi program pemberdayaan masyarakat yang nantinya dinahkodai oleh Kaorbinmas Baharkam Polri ini.

“Hari ini Polri dan  PLN membuat langkah awal untuk menjadi bagian dalam global supply chain, bagaimana cita-cita kita kedepan dalam pemanfaatan FABA yang dapat digunakan sebagai bahan baku konstruksi pengganti semen. Untuk menjadi peluang usaha masyarakat disekitar PLTU dengan bekerjasama bersama Polres setempat,” Kata Komang. Selasa, (07/06/2022).

Selanjutnya dalam sesi offline, General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Hari Cahyono, mengatakan bahwa pemanfaatan FABA PLTU Tanjung Jati B sudah banyak, antara lain untuk pembuatan batako, paving block dan jalan. Namun demikian tingkat serapan pemanfaatan FABA PLTU Tanjung Jati B masih sedikit.

“Harapan kami nanti melalui kerjasama dengan Polri ini, akan semakin banyak lagi. Apalagi nanti lewat Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di setiap desa, kecamatan dan seluruh wilayah nanti secara serentak akan bisa mendorong pemanfaatan bersama masyarakat,” papar Hari Cahyono.

Dirbinmas Polda Jateng, Kombes Lafri Prasetyono S.I.K, yang hadir mewakili Kapolda Jateng, turut menyampaikan apresiasinya serta menyambut baik kolaborasi, kerjasama, sinergitas dalam rangka bersama-sama mengupayakan agar pengembangan pemanfaatan limbah ini bisa dilakukan secara maksimal dan berguna bagi masyarakat bangsa dan negara.

“Kegiataan ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Bapak Kapolri bersama Direktur Utama PLN yang menyepakati untuk sinergi dalam rangka pemanfaatan FABA ini,” ucap Lafri.

“Insyaallah ilmu yang nanti kita dapat disini mudah-mudahan akan bermanfaat dan pada gilirannya nanti akan kami tularkan kepada masyarakat,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dan penjelasan terkait pengolahan dan pemanfaatan FABA, diskusi dan tanya jawab, serta puncaknya adalah kunjungan untuk peninjauan dan praktek langsung di lokasi proses pengolahan FABA PLTU TJB Jepara.

(Puji S/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi