267 Jamaah Calon Haji Kabupaten Aceh Utara di Peusijuek dan Ikuti Manasik di Masjid Agung 

267 Jamaah Calon Haji Kabupaten Aceh Utara di Peusijuek dan Ikuti Manasik di Masjid Agung 


ACEH UTARA,L7.ID – Sebanyak 267 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Aceh Utara, dipeusijuek (ditepungtawari) oleh pemerintah setempat, Rabu (08/6/2022.)

Pesijuek merupakan adat masyarakat Aceh dalam melepas kepergian jamaah haji yang hendak menunaikan rukun Islam kelima.

Prosesi peusijuek oleh Tgk Muzakir atau sering disapa Waled Lapang. Dan penyerahan bungong jaroe berupa kain sarung oleh Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib diwakili oleh Kadis Syariat Islam, Tgk H Idris.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakamenag) Kabupaten Aceh Utara Drs H Maiyusri, selaku Kepala Penyelenggara Haji dan Umrah Kabupaten Aceh Utara menyebutkan, prosesi peusijuek tersebut sudah menjadi tradisi sebelum hamba Allah diberangkatkan ke Tanah Suci, yang dilakukan Pemkab Aceh Utara.

Semua persiapan keberangkatan sudah rampung semua, sebanyak 267 JCH, akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui melalui Asrama Haji Banda Aceh, dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 1, 3 dan 4. terdiri dari 3 pendamping  dan 3 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Pemberangkatan haji ditiadakan sejak tahun 2020. baru tahun inilah pemberangkatan haji dibuka kembali. Untuk itu, kita harus lebih banyak mengucap syukur kepada Allah SWT karena termasuk ke dalam orang-orang yang beruntung berkesempatan menunaikan rukun Islam yang kelima pada tahun ini,” ujarnya.

Maiyusri juga berpesan, agar jemaah calon haji dapat menjaga kesehatan, mengingat jadwal keberangkatan yang sudah semakin dekat, sebab ibadah haji adalah ibadah yang lebih banyak mengandalkan kesehatan dan kekuatan fisik.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara diwakili oleh Kadis Syari’at Islam, Tgk. H Idris, pada arahannya menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji yang sempat tertuda dua tahun akibat covid-19.

Ia menegaskan Pemkab Aceh Utara bersama Kemenag tetap berkomitmen memberikan perhatian dan berkontribusi yang lebih baik kepada CJH. Kita harapkan hal ini akan terus dapat dilakukan  pada masa yang akan datang

Idris pun menyampaikan pesan dan harapan kepada CJH untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar ibadah haji dilakukan sempurna.

Kemudian, agar menyerahkan seluruh urusan kepada Allah SWT dengan niat yang tulus dan ikhlas. Selanjutnya, setelah berdoa untuk diri dan keluarga, dimohonkan juga berdoa untuk Indonesia khususnya Aceh Utara agar senantiasa dalam barokah Allah SWT.

“Kami disini akan terus mendoakan untuk kesehatan dan kebaikan JCH baik saat menunaikan haji dan pulang. Semoga menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama (MPU) Aceh Utara Tgk H Abdul Manan dalam tausyiahnya mengingatkan seluruh jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji untuk senantiasa melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai perintah agama. Dengan begitu jamaah dapat menjadi haji yang mabrur dan pribadi yang lebih baik.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Aceh Utara, Imam Besar Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon Tgk. Jamaluddin Ismail (Walidi), Muspika Kecamatan di Aceh Utara dan Tokoh Agama serta tokoh Masyarakat. (Murhaban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi