Menuju Desa Damai Dan sejahtera, Pemdes Jaddung Gelar Lomba Tarik Tambang Se-Madura

Menuju Desa Damai Dan sejahtera, Pemdes Jaddung Gelar Lomba Tarik Tambang Se-Madura


SUMENEP, LIPUTAN7.ID Tarik Tambang adalah merupakan salah satu jenis permainan Tradisional. Perlengkapan yang diperlukan dalam tarik tambang hanya sebuah tali yang kuat. Tarik tambang dimainkan secara beregu oleh Dua tim.

Permainan tarik tambang hanya memerlukan sebuah tali tambang yang terbuat dari tali dan serat. Panjangnya antara 30 meter sampai 50 meter. Bagian tengah dari tali diberi tanda dengan kain atau cat berwarna merah. Sementara pembatas tiap tim pada tali diberi jarak 2,5 meter dari batas tengah.

Dalam rangka Rokat Desa Menuju Desa Damai Dan Sejahtera, Pemerintah Desa Jaddung Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep menggelar lomba tarik tambang se-Madura sebagai ajang silaturrahim antar paguyuban se-Madura.

Tarik tambang ini merupakan ajang mempersatukan antar pegiat seni olahraga dengan sesama paguyuban tarik tambang yang ada di Madura khususnya di Kabupaten Sumenep. Karena selama pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan sama sekali.

Menurut Ketua Panita Khotib mengatakan, diselenggarakannya lomba tarik tambang ini berawal dari inisiatif warga paguyuban tarik tambang yang disampaikan oleh Kepala Desa Jaddung.

“Saya selaku Ketua panitia bersama warga mengajukan ke Kepala Desa untuk menggelar lomba tarik tambang se-Madura guna ingin mempererat tali silaturrahim antara paguyuban dengan hal-hal positif, dan alhamdulillah disetujui,” tuturnya.

Diwaktu yang sama, Kusnadi selaku Kepala Desa Jaddung Kecamatan Pragaan saat dikonfirmasi terkait adanya lomba taring tambang membenarkan, bahwa dirinya memberi izin guna untuk masyarakat yang sejahtera dan tentunya yang terbaik buat Warga Desa Pragaan.

“Iya benar itu mas, saya selaku Kepala Desa sekaligus orang tua bagi warga Desa Jaddung berusaha memberikan yang terbaik, apalagi ini dalam hal yang positif dan akan kami fasilitasi,” tungkas orang nomor Satu di Desa Jaddung ini.

Pada perlombaan ini target peserta sebanyak 120 Tim dari seluruh Madura. Karena pada ajang ini merebutkan hadiah berupa, Juara pertama mendapatkan Satu Unit Sepeda Motor, Juara kedua dan Juara ketiga mendapatkan Satu Unit Kulkas dan masih banyak juga hadiah hiburan lainnya.

(Choe/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi