Menparekraf Sandiaga Uno & Gubernur Edy Ramayadi Sambut Positif Usul Bupati Nias Barat Bangun Infrastruktur

Menparekraf Sandiaga Uno & Gubernur Edy Ramayadi Sambut Positif Usul Bupati Nias Barat Bangun Infrastruktur


NIAS BARAT, LIPUTAN7.ID Event Festival Pesona Aekhula menjadi katalisator pengembangan dan peningkatan kapasitas infrastruktur publik di Kepulauan Nias. Aksesibilitas yang lancar, aman dan ramah merupakan salah satu kunci pengembangan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Rabu, (22/06/2022).

Pada peringatan hari jadi Kab. Nias Barat dan acara puncak Festival Pesona Aekhula 2022 yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara Tahun 2022 menjadi momentum menyatukan persepsi dan visi misi antara pemerintah pusat, pemerintah Provinsi dan pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan dan peningkatan kapasitas infrastruktur khususnya aksesbilitas dan konektifitas yang terintegrasi.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan, usulan pembangunan infrastruktur yang strategis dan berkelanjutan yaitu peningkatan kapasitas jalan provinsi dari Kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias Barat menjadi jalan nasional.

Peningkatan kapasitas DAK dari Kemenparekraf, pembangunan jembatan Sungai Oyo, masuk dalam program Lokprin Bappenas dan pemberian bantuan fasilitas alat tangkap ikan kepada nelayan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hal ini disampaikan oleh Khenoki Waruwu dihadapan Menparekraf Sandiaga Uno, Gubsu Edy Rahmayadi serta masyarakat di Lapangan Bola Tetesua, Nias Barat. Rabu (22/06/2022).

Sementara itu, Gubsu Edy Rahmayadi pada sambutannya menyampaikan bahwa berkomitmen membantu masyarakat Nias Barat. Bahkan ia juga memuji semangat Bupati Khenoki Waruwu dalam membangun Nias Barat. Ia meminta dan menyerukan kepada masyarakat untuk memberikan dukungan penuh.

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno pada awal sambutannya menyampaikan dari lubuk hati yang paling dalam mewakili Presiden Jokowi mengucapkan selamat hari jadi Kab. Nias Barat yang ke-13.

“Semoga Nias Barat semakin maju dan rakyatnya sejahtera, Ia juga apresiasi Kabupaten Nias Barat yang berhasil menggolkan Festival Pesona Aekhula masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022,” tutur Sandiaga Uno.

Kemudian terkait usulan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu terkait DAK beberapa pembangunan sarana dan prasarana pengadaan infrastruktur pariwisata dan akan didukung dan diberikan kemudahan, menjadi Lokasi Prioritas (Lokpri) dan nanti akan kita sampaikan ke Bappenas dan Kementerian Keuangan, sehingga kedepan Nias Barat bisa dibangun secara berkesinambungan.

“Tiga pesan dan arahan yang disampaikan Bupati Nias Barat tersebut yaitu adaptasi, inovasi dan kolaborasi agar terus dilakukan walaupun Nias Barat tergolong daerah 3 T sehingga menjadi daerah Gercep (gerak cepat) Geber (gerak bersama), dan Gaspol (garap semua potensi) agar bangkit,” ungkap Sandiaga Uno.

Nias Barat memiliki quality tourism atau pariwisata berkualitas dengan konsep desa wisata, sustainable tourism, dan sustainable enviromental dan sustainable culture. Buktinya Nias Barat masuk dalam Kharisma Event Nusantara Tahun 2022, tambah Sandiaga Uno.

(Robinsius/Dre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi