Kelurahan Panggang Gelar Sedekah Bumi Hingga Kirab Budaya Dan Haul Sayyid Abu Bakar

Kelurahan Panggang Gelar Sedekah Bumi Hingga Kirab Budaya Dan Haul Sayyid Abu Bakar


JEPARA, LIPUTAN7.ID Kelurahan Panggang Kecamatan Jepara menggelar acara Sedekah Bumi hingga Kirab Budaya dan Haul Sayyid Abu Bakar yang ke-24 pada hari Minggu, (7/8/2022) di Kelurahan Panggang Kecamatan Jepara, Jawa Tengah.

Ahmad Solikhin Lurah Panggang bersama masyarakat sebagai penggagas acara kirab budaya untuk melaksanakan dalam rangka Sedekah Bumi dan Haul Sayyid Abu Bakar yang ke dua puluh empat Kelurahan Panggang.

Dalam kegiatan ini ikut dimeriahkan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke tujuh puluh tujuh di mulai dari Jl Mangunsarkoro-Jl Kartini-Jl Pemuda dan Berakhir di Jl.Mangunsarkoro lagi,Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara.

Kirab Budaya diikuti oleh warga masyarakat setenpat. Pelajar dari TK, SD, SMP Panggang yang berada di kelurahan Panggang mengikuti dengan penuh antusias sekali.

“Karena Pandemi Covid-19 dan selama hampir kurang lebih dua tahun belum pernah mengadakan Kirab Budaya. Waktu Pandemi Covid-19 hanya bisa digelar Pengajian dan Manganan saja,” kata Solikhin

Kirab Budaya Kelurahan Panggang dihadiri oleh Pj Bupati Jepara Edi Supriyanta, Kepala Dinas Kominfo Arif Darmawan, Lurah Panggang Ahmad Solikin, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Lurah Panggang Ahmad Solikin menyampaikan kepada awak media liputan7.id, bahwa Kirab Budaya saat ini pertama kali diadakannya dan untuk memperingati sedekah bumi dan Haul Sayyid Abu Bakar yang ke dua puluh empat Kelurahan panggang yang biasanya hanya di isi dengan pengajian dan manganan saja, Untuk itu dalam memperkenalkan hidup yang bhineka tunggal ika dan nguri nguri budaya serta leluhur diharapkan agar
masyarakat lebih guyub rukun tata titi tentrem kerta raharja.

“Harapan kami, semoga acara Kirab Budaya bisa di lestarikan terus menerus dan untuk menjaga kearifan lokal masyarakat Jepara khususnya Kelurahan Panggang terutama generasi penerus supaya tidak punah jejak sejarah budaya kita,” harap lurah Solikhin.

(Edy Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi