Publik Tunggu Hasil Audit Inspektorat, Usai Penetapan Calon Petinggi Desa Bumiharjo

Publik Tunggu Hasil Audit Inspektorat, Usai Penetapan Calon Petinggi Desa Bumiharjo


JEPARA, LIPUTAN7.ID Desa Bumiharjo Kecamatan Keling salah satu Desa peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jepara. Penetapan Calon Petinggi dan Pengundian nomor urut Calon Petinggi dilaksanakan pada Rabu (21/9/2022) siang di Balai Desa Bumiharjo Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Jawa Tengah.

Dalam pengundian nomor urut dan penetapan Calon Petinggi Desa Bumiharjo telah di tetapkan nomor urut : (1) Muh Yusuf, (2) Wartono, (3) Bambang Budi Utomo, SH, (4) Zainal Isnaini, SE.

Di Kecamatan Keling hanya Desa Bumiharjo dan diikuti 4 Calon Petinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimcam, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Bumiharjo, Panitia Pemilihan Petinggi, Calon Petinggi, Panwas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda beserta Perwakilan Warga Desa Bumiharjo.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jepara diikuti 24 Desa dari 11 Kecamatan digelar Pemilihan Kepala Desa pada akhir tahun ini. Masing-masing Desa diikuti 2 hingga 4 calon Kepala Desa.

Penetapan Calon Petinggi ditetapkan pada 12 September 2022, dan ditetapkan 63 orang peserta dalam Pemilhan Petinggi Se-Kabupaten Jepara.

Sebelumnya ramai diberitakan media terkait Bambang Budi Utomo, SH Calon Petinggi Incumbent atau Petahanan dalam penyertaan modal kepada BumDes disinyalir masyarakat setempat ada dugaan melakukan penyimpangan dalam penyertaan modal kepada BumDes.

Hingga saat ini telah di tetapkan 4 Calon Petinggi. Masyarakat setempat masih menunggu hasil audit pihak Inspektorat dan Kejaksaan.

“Kulo tenggo pak, hasilipun audit Inspektorat keleh Kejaksaan. Dumugi dinten niki (rabu) mboten enten kabare. Lha niki malah sampun di tetapke Calon Petinggi,” kata Sukahar saat mengikuti pengundian nomor urut di Balai Desa Bumiharjo. Rabu (21/9/2022).

Saat ini masyarakat menunggu hasil audit pihak Inspektorat dan Kejaksaan terkait laporan masyarakat. Ditemukan tidak transparansinya hingga adanya dugaan penyimpangan penyertaan modal dari Pemdes Bumiharjo kepada BumDes Nusantara senilai Rp. 350.000.000. Serta Saldo BumDes lama senilai Rp. 60 juta lebih.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara Edy Marwoto mengatakan, “Puncak acara pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Petinggi akan digelar pada 14 November 2022. Nantinya pada 19 Desember 2022, Kepala Desa (Petinggi) terpilih dilantik oleh Penjabat Bupat Jepara Edy Supriyanta,” papar Edy Marwoto.

“Rapat penetapan dan pengundian calon Pilkades ini sangat penting untuk menentukan kedepannya. Warga masyarakat bebas memilih Calon Petinggi sesuai dengan nomor penetapan undian ini, sehingga jelas pilihan warga dan tidak terjadi kesalahan dalam pencetakan surat suara yaitu nama, foto serta Nomor yang ditetapkan dari hasil undian Panitia,” tambah Edy.

Pihaknya juga berharap para Calon Petinggi bisa bersaing dengan sehat dan tidak menghalalkan segala cara untuk memenangkan Pilkades ini.

Camat Keling Budi Krisnanto saat dikonfirmasi awak media di kantornya mengatakan, “Kami dalam melaksanakan tugas hanya monitoring sesuai amanah Permendagri No 73 tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa. Itu pedoman kami,” kata Budi pada awak media.

“APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) atau Pengawas internal pada institusi lain, telah melaksanakan audit serta Inspektorat dan Kejaksaan. Hasilnya akan dilaporkan ke pihak kepolisian, ketika ditemukan pelanggaran dan penyimpangan,” tambah Budi.

“Jadi kami menunggu hasil audit Inspektorat bersama Kejaksaan,” pungkasnya.

Diketahui, Minggu lalu Petinggi Bambang Budi Utomo, SH telah dipanggil dan disidik oleh Inspektorat, Penyidik Tipikor dan Kejaksaan Jepara. Dan Masyarakat setempat menunggu hasil audit tersebut.

(Puji S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Terkait

terpopuler

Rekomendasi