Jokowi : Menyesalkan dan Meminta Kapolri Usut Tuntas Tragedi di Kanjuruhan

Jokowi : Menyesalkan dan Meminta Kapolri Usut Tuntas Tragedi di Kanjuruhan


JAKARTA,LIPUTAN7.ID – Kejadian di Stadion Kanjuruhan yang memakan korban ratusan jiwa ini pun menjadi sorotan Internasional, tak terkecuali Presiden Republik Indonesia menyampaikan siaran pers di istana negara Jakarta. Minggu, 2 Oktober 2022.

Presiden Joko Widodo menyampaikan “ Duka cita yang mendalam meninggalnya 129 orang saudara – saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Jokowi juga meminta menteri kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang di rawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik.

Jokowi juga telah memerintahkan kepada Menpora, Kapolri dan Ketua umum PSSI ( Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia ) untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya.

Jokowi juga meminta “ khusus KAPOLRI melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini.”

Jokowi juga memerintahkan kepada PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan di lakukan Jokowi juga menyesalkan terjadinya tragedi ini dan berharap ini adalah tragedi terakhir sepak bola di tanah air jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan yang akan datang.” Ucap Jokowi saat konferensi pers di Istana Negara Jakarta. Minggu, 2 Oktober 2022.

Selain Presiden Joko Widodo, Presiden FIFA juga angkat bicara terkait tragedi yang terjadi di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, melalui akun resmi FIFA.com

Infantino pun menjelaskan olahraga sepak bola sedang mengalami hari tergelapnya, setelah adanya insiden di laga Arema FC vs Persebaya. Ia pun menyampaikan duka mendalam terhadap korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Ini adalah hari yang gelap untuk semua yang terlibat dalam sepak bola dan tragedi di luar pemahaman. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini,” tambahnya.

“Bersama FIFA dan komunitas sepak bola global, semua pikiran dan doa kami bersama para korban, mereka yang terluka, bersama dengan rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Asosiasi Sepak Bola Indonesia, dan Sepak Bola Indonesia. Liga, pada saat yang sulit ini,” tutupnya. Minggu, 2 Oktober 2022.

Sedangkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa jumlah korban meninggal dunia tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya sebanyak 125 orang.

Listyo di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu mengatakan bahwa sebelum dilakukan pembaruan data, jumlah korban meninggal dunia disebutkan sebanyak 129 orang, namun, setelah proses verifikasi diketahui ada data ganda.

“Ter verifikasi jumlahnya dari awal sebelumnya 129 orang, saat ini data terakhir hasil pengecekan jumlahnya 125 karena ada yang tercatat ganda,” kata Listyo. Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak sebelumnya juga menyebut bahwa korban meninggal dunia 174 orang.

Listyo menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan pendalaman lebih lanjut terhadap kejadian yang membuat ratusan orang meninggal dunia tersebut. Pihaknya akan melakukan investigasi secara tuntas peristiwa itu.

Menurutnya, saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengumpulan data di Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Stadion Kanjuruhan. Nantinya, hasil dari pengumpulan data dan perkembangan tersebut akan disampaikan kepada publik. Ucap Kapolri saat konferensi Pers. Minggu, 2 Oktober 2022.

“Kami sedang melakukan pengumpulan data di TKP untuk mengetahui secara lengkap dan perkembangan yang ada akan kita sampaikan,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Guntur / Editor : Redaksi 

Deprecated: Fungsi WP_Query ditulis dengan argumen yang usang sejak versi 3.1.0! caller_get_posts telah usang. Gunakan ignore_sticky_posts saja. in /var/www/vhosts/liputan7.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5667

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /var/www/vhosts/liputan7.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5583

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Deprecated: Fungsi WP_Query ditulis dengan argumen yang usang sejak versi 3.1.0! caller_get_posts telah usang. Gunakan ignore_sticky_posts saja. in /var/www/vhosts/liputan7.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5667

Terkait

terpopuler

Rekomendasi