Kepala Desa Harus Taat Aturan, Bekerja normatif Agar Tak Terseret Kasus Hukum

Kepala Desa Harus Taat Aturan, Bekerja normatif Agar Tak Terseret Kasus Hukum


Caption: Kepala Desa Bkerja normatif Agar Terjerat Hukum 

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) DPC Kabupaten Jepara menggelar Rapat Koordinasi dan penyuluhan hukum, Sabtu 1/10/2022 di Taman Wisata Mbah Mendung Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Minggu (2/10/2022).

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi dan penyuluhan hukum DPC Papdesi Kabupaten Jepara, meminta agar Kepala Desa taat atau memedomani aturan yang berlaku, sehingga selama memimpin desa tidak akan terseret kasus hukum.

“Apapun yang dilakukan harus berorientasi pada hukum aturan. Jika kita bekerja normatif, regulasinya betul, siapa yang tanya, tidak usah takut untuk dijawab,” tegas Edy

Hadir pula sebagai narasumber Dewan Pakar Hukum DPD Papdesi Jateng Eko Suwarni, Kajari Jepara Muhammad Ichwan, Ketua DPD Papdesi Jateng Joko Prakoso, dan Kepala Dinsospermades Edy Marwoto.

Menurut Edy Supriyanta, berbagai regulasi dan aturan yang ada di desa harus dipedomani. Sehingga langkah yang dilakukan kades bisa dipertanggung jawabkan kepada publik.

Ia berharap Kepala Desa memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.  “Jika ada permasalahan di tengah masyarakat, segera selesaikan. Respon setiap keluhan mereka dengan mengedepankan musyawarah mufakat,” kata dia.

Menjadi Kades bukan sebuah pekerjaan yang ringan. Melainkan sebuah jabatan yang membutuhkan pengorbanan dan tanggung jawab besar, terutama dalam menyejahterakan masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Muhammad Ichwan dalam sambutannya mengatakan bahwa, pihaknya siap memberikan edukasi serta pendampingan kepada para kepala desa dalam pengelolaan Dana Desa, agar tidak salah dan menyalahi aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Pemkab Jepara akan menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Jepara, untuk memberiksn edukasi agar pengelolaan keuangan desa yang dilakukan bisa sesuai dengan aturan dan tidak melangar hukum.

Plt. Ketua Papdesi Jepara Hartoyo memberikan apresiasi atas kinerja Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta selama ini. Terlebih mengenai kedisiplinan dan inovasi terhadap pelayanan publik.

Hartoyo mengakui, memang banyak permasalahan yang dihadapi oleh para petinggi. Termasuk untuk menanggapi aduan LSM, dan aduan tertib administrasi lainnya. Ia berharap melalui forum Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), para petinggi bisa saling membantu dan memberikan dukungan satu dan lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Puji S / Editor : Redaksi

Deprecated: Fungsi WP_Query ditulis dengan argumen yang usang sejak versi 3.1.0! caller_get_posts telah usang. Gunakan ignore_sticky_posts saja. in /var/www/vhosts/liputan7.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5667

Deprecated: Berkas Tema tanpa comments.php tidak digunakan lagi sejak versi 3.0.0 dan tidak tersedia penggantinya. Harap sertakan templat comments.php dalam tema Anda. in /var/www/vhosts/liputan7.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5583

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.


Deprecated: Fungsi WP_Query ditulis dengan argumen yang usang sejak versi 3.1.0! caller_get_posts telah usang. Gunakan ignore_sticky_posts saja. in /var/www/vhosts/liputan7.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5667

Terkait

terpopuler

Rekomendasi