Ancam Sebar Data Pribadi dan Dugaan Pinjol Menggunakan Data Orang Lain

Compress 20230125 021756 6989
Foto Oleh, ( Rizka A P, Liputan7.id) Ancam Sebar Data Pribadi dan Dugaan Pinjol Menggunakan Data Orang Lain, Pengguna Akun Putri Tanjung Segera di Laporkan Ke team Syber Polda Banten

TANGERANG, LIPUTAN7.IDDengan Modus Menggunakan data milik orang lain, Akun Putri Tanjung segera di laporkan ke pihak kepolisian Wilayah Hukum Polda Banten. Oleh korban berinisial RAP pada Selasa 24/01/23.

Awal mula kejadian, ada akun berinisial DA menawarkan lowongan kerja dengan posisi sebagai admin disalah satu perusahaan di daerah BSD, Tangerang.

DA memberikan kontak putri tanjung yang dikatakan adalah atasan nya diperusahaan tersebut, putri tanjung meminta persyaratan berupa KTP, CV, Alamat lengkap, foto selfie dengan KTP, dan video perkenalan diri.

Korban berinisial RAP memberikan syarat yang diminta, kecuali foto selfie dengan KTP.

Karena merasa ada yang janggal, korban bertanya, “kenapa harus kirim foto selfie berupa KTP Bu? Atau saya minta email perusahaan saja Bu, biar CV dan lamaran nya saya kirim ke email perusahaan saja” Pelaku menjawab, “Tidak usah, data kamu udah saya simpan.

Tidak ada email perusahaan, data kamu juga sudah siap untuk digunakan pinjol”

Atas kejadian tersebut pihak RAP merasa di rugikan dengan telah memberikan data pribadi nya kepada Akun putri Tanjung, yang di duga akan di gunakan oleh akun tersebut untuk pengajuan pinjaman online (Pinjol).

RAP akan melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian, dalam hal ini team Syber Polda Banten. Yang akan melacak keberadaan pemilik akun tersebut.

Perlu di ketahui, Hukumnya Menyebarluaskan Data Pribadi Orang Lain.

Dalam Pasal 26 ayat (1) UU 19/2016 disebutkan kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan.