Wisata  

Perahu Sarimuna di Madura Usianya Mencapai 125 Tahun

Photo: Perahu Sarimuna Yang Berusia 125 Tahun yang ada di wilayah Madura
Photo: Perahu Sarimuna Yang Berusia 125 Tahun yang ada di wilayah Madura.

BANGKALAN,LIPUTAN7.ID – Makam waliyullah Syaichona Moh Cholil menjadi wisata religi di Pulau Madura Kabupaten Bangkalan Jaw Timur.

Namun Syaichona Moh Cholil ini juga memiliki sejarah peninggalan berupa Perahu Sarimuna yang saat ini juga menjadi wisata religi di Pulau Madura Bangkalan.

Perahu Sarimuna peninggalan Syaichona Moh Cholil, hingga saat terawat dengan baik dan menjadi wisata religi yang cukup dikenal dan ramai pengunjung.

sejarah Perahu Sarimuna, merupakan peninggalan dari waliyullah Syaichona Moh Cholil bin Abdul Latief.

Perahu Sarimuna ini dibuat sekitar abad ke-18 dan diperkirakan telah mencapai usia 125 tahun. Sebelumnya, perahu ini lebih kecil, namun dilakukan renovasi pada tahun 1951.

Pada saat itu, Perahu Sarimuna yang saat ini menjadi objek wisata religi masih digunakan oleh masyarakat sekitar madura khususnya Bangkalan.

Pada tahun 1982, Perahu Sarimuna tidak digunakan lagi untuk berlayar dan masyarakat setempat berinisiatif untuk menaikkannya ke daratan.

Diketahui bahwa pembuat Perahu Sarimuna tersebut adalah seorang bernama Molin yang merupakan warga Desa Telaga Biru, yang kemudian diminta oleh Syaichona Moh Cholil untuk membuat Perahu Sarimuna tersebut.