Pemerintah

250 KK di Kota Pagar Alam Dapat Bantuan Tangki Septik Individual

152
×

250 KK di Kota Pagar Alam Dapat Bantuan Tangki Septik Individual

Sebarkan artikel ini

PAGAR ALAM, LIPUTAN7.ID – Pemerintah Kota Pagar Alam melalui dinas Pekerjaan umum dan tata ruang melaksanakan pekerjaan program pembangunan tangki septik Individual di 10 Kelurahan.

Kepala Dinas PUPR Kota Pagar Alam Daplis Joni melalui Kabid Cipta Karya Indra Gunawan Jumat 27 Oktober 2023 menjelaskan bahwa sanitasi adalah suatu cara pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh faktor lingkungan fisik manusia yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap lingkungan kehidupan manusia secara fisik dan atau juga secara mental.

“Akses Pendudukan terhadap prasarana dan sarana sanitasi pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya serta kemiskinan,” ujarnya.

Mengingat keterbatasan kemampuan yang dimiliki pemerintah, kata Indra, baik pusat maupun daerah memerlukan upaya-upaya terobosan yang bersifat mengubah paradigma dalam

Ditambahkan, pengembangan sanitasi lingkungan. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kota pagar alam bidang cipta karya terhadap pengembangan sanitasi lingkungan yang baik bagi masyarakat salah satu nya dengan program pembangunan tangki septik skala individual.

” Dalam kegiatan kami menyediakan 250 Tangki Septik Individual untuk di sebarkan di 250 rumah yang ada di 10 Kelurahan dari 35 Kelurahan yang ada di Kota Pagar Alam,” ucap Indra didampingi PPTK Andres Pratama.

Sambung Indra sebagai mana di ketahui sanitasi yang Buruk dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit diantaranya penyakit infeksi pada balita serta diare dan ke cacingan yang dapat mengganggu proses pencernaan dalam proses penyerapan nutrisi, jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama dapat mengakibatkan stunting, oleh karna itu Pembangunan Tangki septik individual di Kota Pagar Alam ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah sanitasi lingkungan agar terciptanya masyarakat yang hidup bersih dan sehat selain itu juga dapat mengurangi angka stunting di Kota Pagar Alam. Kegiatan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan Swakelola Masyarakat dimana semua dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri dengan dibentuknya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Adapun lokasi pembangunan Tangki Septik Individual pada tahun 2023 dilaksankan di 10 Kelurahan di Kota Pagar Alam yaitu :
Kelurahan Pagar Alam Kecamatan Pagar Alam Utara ,Kelurahan Selibar Kecamatan Pagar Alam Utara, Kelurahan Curup Jare ,Kelurahan Bangun Rejo Kecamatan Pagar Alam Utara,Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara ,
Kelurahan Tumbak Ulas Kecamatan Pagar Alam Selatan ,Kelurahan Ulu Rurah Kecamatan Pagar Alam Selatan ,Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pagar Alam Selatan ,Kelurahan Besemah Serasan Kecamatan Pagar Alam Selatan dan
Kelurahan Jokoh Kecamatan Dempo Tengah .

“Pembangunan ini menggunakan Dana Alokasi Umum ( DAU ) merupakan salah satu bagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk belanja daerah otonom dan menjadi bagian dari pendapatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan jumlah dana Rp. 1.387.500.000 dimana dana tersebut dibagi untuk 10 Kelurahan masing-masing kelurahan memperoleh dana sebesar Rp. 138.750.000,” Pungkas Indra.