Polri

Barang Bukti Narkotika Di Musnahkan Polres Aceh Utara

542
×

Barang Bukti Narkotika Di Musnahkan Polres Aceh Utara

Sebarkan artikel ini
Barang bukti narkotika seberat 65, 5 Kg di musnahkan Polres Aceh Utara bersama unsur Forkopimda setempat. Pemusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja senilai 3,65 Miliar di halaman Mapolres setempat, Kamis (12/10/2023).
Barang bukti narkotika seberat 65, 5 Kg di musnahkan Polres Aceh Utara bersama unsur Forkopimda setempat. Pemusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja senilai 3,65 Miliar di halaman Mapolres setempat, Kamis (12/10/2023).

LHOKSUKON, LIPUTAN7.ID – Barang bukti narkotika seberat 65, 5 Kg di musnahkan Polres Aceh Utara bersama unsur Forkopimda setempat. Pemusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja senilai 3,65 Miliar di halaman Mapolres setempat, Kamis (12/10/2023).

Selain itu, empat orang tersangka terkait barang bukti narkotika yang dimusnahkan tersebut juga turut dihadirkan di lokasi.

Dirincikan, Narkotika yang dimusnahkan ialah 6 bungkusan sabu seberat 5,9 Kg, sebelum dimusnahkan, dihadapan awak media setiap bungkusan sabu diambil terlebih dulu diuji keasliannya dengan menggunakan alat “Drugs General Screening | IDenta” baru kemudian sabu digiling bersama cairan porselen dan solar menggunakan mesin molen.

“Narkotika jenis sabu tersebut adalah barang bukti yang disita oleh Tim Sat Resnarkoba dari tersangka MY, serta merupakan hasil pengungkapan kasus peredaran narkotika jenis sabu antar provinsi dengan modus pengiriman paket ikan asin dengan menggunakan angkutan umum jenis Hice pada hari Kamis 17 Agustus 2023 di depan loket Angkutan Umum Jalan Gagak Hitam Kec.Medan Sunggal Kota Medan Provinsi Sumatera Utara,” ungkap Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera.

Berikutnya, barang bukti ganja yang dimusnahkan dengan cara dibakar adalah sebanyak 59,6 Kg ditambah 280 batang tanaman ganja, barang bukti tersebut disita dari 3 orang tersangka.

“Dari total 59,6 kg ganja tersebut diantaranya ialah 42 bal atau setara dengan 42 Kg yang disita dari tersangka Nas pada 5 Juli 2023 di Gampong Teupin Reusep Kecamatan Sawang, Aceh Utara.” ungkap Kapolres.

Berikutnya, 18 Kg ganja kering dalam 3 karung plastik disita dari tersangka AR pada jumat 8 September 2023 di Gampong Sawang Kecamatan Sawang, Aceh Utara, dan selanjutnya dari pengembangan kasus itu, Polres Aceh Utara menemukan 5 hektar ladang ganja di kawasan perbukitan Gampong Sawang Kecamatan Sawang Aceh Utara pada 6 Oktober 2023, petugas juga mengamankan ZR sebagi tersangka yang menjaga ladang ganja itu.

Dilokasi ladang ganja, sebelumnya telah dimusnahkan lebih kurang 40 ribu batang tanaman ganja, dan 280 batang batang sisanya dimusnahkan hari ini.

“Dengan dimusnahkanya barang bukti narkotika jenis sabu dan ganja tersebut diatas maka kita telah dapat menyelamatkan generasi penerus bangsa kurang lebih sejumlah 460 ribu jiwa dari pengaruh dan bahaya narkoba,” tutup Kapolres.