Daerah

Andreas Nyemuk Warga Ngawen,Gandeng Jenderal TNI Purn Joni S Sumbang Sumur Bor dan Pompa Air Untuk Warga  Sambirejo

471
×

Andreas Nyemuk Warga Ngawen,Gandeng Jenderal TNI Purn Joni S Sumbang Sumur Bor dan Pompa Air Untuk Warga  Sambirejo

Sebarkan artikel ini
Andreas Nyemuk saat di temui di lokasi Pengeboran Sumur Bor Dusun Tobong Desa Sambirejo Kec Ngawen Selasa, (24/10/2023).
Andreas Nyemuk saat di temui di lokasi Pengeboran Sumur Bor Dusun Tobong Desa Sambirejo Kec Ngawen Selasa, (24/10/2023).

GUNUNGKIDUL, LIPUTAN7.ID – Warga dusun Tobong Kalurahan Sambirejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, menyambut gembira kehadiran sumur bor di wilayah tersebut.

Sumur Bor bantuan dari salah satu warga bernama Andreas Nyemuk (45), sebagai bentuk Peduli Lingkungan menjadi solusi bagi masyarakat setempat disaat musim kemarau seperti sekarang ini.

“Terimakasih kepada Bapak Letjend TNI Pur Joni S dan Pak Andreas Nyemuk mudah mudahan setelah nanti sumur bor dioperasikan dapat menjadi amal ibadah dan dapat diganti berlipat lipat ganda kebaikannya,”kata Wardi tokoh masyarakat Tobong Sambirejo. Saat ditemui Liputan7, Selasa (24/10/2023) di lokasi pengeboran Watu Plenuk Tobong Sambirejo.

Menurut Andreas Nyemuk, sumur bor itu pastinya ke depan sangat membantu warga kampung dusun Tobong. Karena saat ini ketika musim kemarau harus mengambil air dari dusun sebelah.

“Kalau ingin mengalirkan air agak susah, harus menyambung pipa atau selang yang panjang. Agar air bisa sampai tempat mereka, mudah mudahan satu minggu lagi sumur sudah bisa digunakan, saat ini masih dalam proses pengeboran, dan sudah sampai kedalaman 70 meter, air keluar Alhamdulillah jernih dan bagus,” ungkapnya.

Dia berharap semoga saja secepatnya pipa dan selang dapat terpasang, sehingga bisa operasional dengan cepat.

“Dengan adanya sumur bor ini para warga yang tinggal di Watu Plenuk Tobong Sambirejo Ngawen ini tidak usah bersusah payah mencari air bersih, cukup dialirkan dari sini ke kios kios kuliner atau ke warga masyarakat sekitar mengingat setiap sore dari jam 16.00 Wib sampai pukul 22.00 Wib warga masyarakat membuka warung kuliner di Watu Plenuk Tobong Sambirejo Ngawen ini,” imbuh Andreas Nyemuk.

Dari Kantor Kementrian Perindustrian dan UMKM Gunungkidul, Yogyakarta dan Jakarta berkenan memberikan Pendampingan, sambungnya selain itu di berikan pembinaan, pelatihan, stimulan dan program lainya.

“Agar warga yang tiap hari usaha kuliner semakin maju dan berkembang mengingat setiap harinya ada 50 kios atau gerai membuka kuliner dan pengunjungnya tiap sabtu dan minggu hampir 1000 orang lebih,” sambungnya kata Andreas.

Selain itu Letjend TNI Purn Joni S berharap adanya program sumur bor air bersih, agar bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Mohon doanya. Semoga kami dapat terus membantu masyarakat yang ada di daerah terutama yang mengalami kekeringan. Dan sumur bor ini bisa menjadi berkah bagi masyarakat sekitar,” ucap Letjend TNI Purn Joni S .