Peristiwa

Anggota DPR RI ini Fasilitasi Pengerukan Sungai Krueng Mane

127
×

Anggota DPR RI ini Fasilitasi Pengerukan Sungai Krueng Mane

Sebarkan artikel ini

ACEH UTARA, LIPUTAN7.ID – Anggota DPR RI Fraksi PKB H. Ruslan M Daud (HRD) Bantu Fasilitasi Becko Ampibi untuk pengerukan Kuala sungai Krueng Mane Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Minggu (29/10).

Pekerjaan Pengerukan sungai ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja Ruslan Daud ke Kuala Mane pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023 kata Staf Ahli DPR RI, H. Ruslan Daud, Muhammad Adam (MAS) kepada awak media.

MAS Adam yang didampingi Ade Zulfadli tokoh Muara Batu menjelaskan bahwa kegiatan ini berdasarkan dari informasi dan permohonan dari para tokoh masyarakat Muara Batu dan kemaren HRD meninjau langsung ke lokasi yaitu Kuala Krueng Mane dan HRD meng iyakan permintaan untuk mendatangkan Becko Ampibi dari kementerian untuk melakukan pengerukan sungai Krueng Mane, kata salah satu Caleg DPR RI Dapil Aceh 2 ini.

Lanjutnya, ini memang wajar dan harus segera ditangani karena kalau kita lihat di lokasi aliran air dari sungai Desa Pante Gurah Krueng Mane Kuala Mane menuju ke laut terhambat lantaran kondisi sungai sangat dangkal dan sudah banyak tumbuh semak belukar. Jadi ini langkah cepat dari HRD dalam merespon aspirasi masyarakat.

Ia menambahkan satu unit alat berat diturunkan setelah melakukan koordinasi dengan Balai wilayah sungai Sumatera I di bawah Kementerian PUPR di Banda Aceh”, Ungkap Gus Adam.

Firman Alehba, Bacaleg DPRK Aceh Utara yang juga berada di lokasi menyinggung masalah biaya dan operasional operator berasal dari sumbangan Masyarakat dan Dana Desa.

“Ia, sumber biaya nya ini dari dana desa yang di ambil dari dana tanggap darurat juga swadaya masyarakat setempat, kami dari PKB Muara Batu melalui HRD dan Muhammad Adam hanya mendatang alat berat dan mobilisasi,”

“Kita berharap sebelum musim hujan, pengerukan sungai sudah harus selesai dikerjakan agar tidak berimbas kepada masyarakat yang bermukim disekitar wilayah sungai,” tuturnya.

Tambahnya, harapan kita selaku masyarakat Muara Batu kepada HRD, agar tahun depan dapat di alokasi dan dibantu program pemasangan tanggul batu gajah di sungai dan Kuala Krueng Mane.

Geuchik Pante Gurah, Safnur mengucapkan terimakasih kepada H. Ruslan Daud yang telah memfasilitasi alat berat untuk melakukan pengerukan sungai Kuala Mane

Selain itu, masyarakat berharap juga kedepannya untuk dapat melakukan pemasangan tanggul batu gajah sepanjang aliran Kuala Mane.

Dia mengatakan selama perahu nelayan yang bersandar di dermaga terpaksa harus menunggu air pasang untuk melaut.

“Dengan adanya bantuan ini bisa memudahkan nelayan untuk melaut dan mengatasi banjir,” pungkasnya.