Peristiwa

Berharap Kekeringan Cepat Usai, Bupati Lahat Ikut Shalat Istisqa

434
×

Berharap Kekeringan Cepat Usai, Bupati Lahat Ikut Shalat Istisqa

Sebarkan artikel ini

LAHAT, LIPUTAN7.ID – Sesuai dengan namanya yakni Al-Istisqa’, yaitu maknanya meminta curahan air penghidupan (Thalab al-saqaya). Para ulama Fiqh mendefinisikan salat Istisqa sebagai salat Sunnah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan.

Dalam Hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat menggelar sholat Istisqa di halaman kantor Bupati Lahat. Hal itu dilakukan karena di Indonesia termasuk Kabupaten Lahat sedang menghadapi kemarau panjang, Jumat 6 Oktober 2023.

Dalam hal ini Bupati Lahat H Cik Ujang membeberkan, saat ini masyarakatnya sedang merasakan dampak kemarau panjang, salah satunya lahan pertanian milik warga yang kekeringan akibat kekurangan air.

“Sholat Sunnah Istisqa ini salah-satu bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diturunkan Hujan,” tutur orang nomor satu se Kabupaten lahat ini.

Lebih lanjut H Cik Ujang menerangkan, melalui solat tersebut, dirinya beserta warga Lahat berdoa sambil lalu berharap hujan turun.

Terlepas dari itu Bupati Lahat tetap mengimbau, agar masyarakat berhati-hati dalam bertindak, agar tidak terjadi kebakaran.

Dia juga mengajak, agar bersama-sama saling introspeksi diri dan memperbaikinya, agar cobaan-cobaan seperti kekeringan panjang, kebakaran hutan, dan kabut asap dapat cabut oleh Allah SWT.

Dea