Daerah

BLT El Nino Untuk Beli Bahan Pokok Bukan Untuk Bayar Bank Emok, Ini Pesan Camat di Kabupaten Bandung

286
×

BLT El Nino Untuk Beli Bahan Pokok Bukan Untuk Bayar Bank Emok, Ini Pesan Camat di Kabupaten Bandung

Sebarkan artikel ini

KABUPATEN BANDUNG, LIPUTAN7.IDPemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengumumkan bahwa Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino akan cair hingga akhir Desember 2023 ini. BLT El Nino untuk beli bahan pokok bukan untuk bayar Bank Emok, Kamis (21/12/2023).

BLT El Nino atau Bantuan El Nino merupakan bantuan yang diberikan kepada wilayah yang terdampak oleh kondisi cuaca yang disebabkan oleh fenomena alam El Nino di Indonesia.

El Nino adalah peristiwa alam di mana suhu laut di Samudra Pasifik naik secara besar-besaran, yang menyebabkan perubahan dalam pola cuaca di seluruh dunia.

Untuk besaran BLT El Nino atau Bantuan El Nino mencapai Rp200 ribu per bulan per keluarga penerima manfaat atau dirapel menjadi total Rp400 ribu.

“#SobatSosial Pemerintah targetkan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan tuntas salur hingga akhir bulan ini,” tulis @kemensosri, Selasa (19/12/2023).

Melansir dari unggahan Kemensos RI, fenomena El Nino turut terjadi dan berdampak di Indonesia sejak Agustus 2023.

Fenomena El Nino juga diperkirakan akan terus berlangsung hingga Februari 2024 mendatang. Selain itu, dampak dari fenomena tersebut salah satunya kenaikan harga pangan di pasaran, bahkan bisa memicu kelangkaan dan tingginya harga komoditas di pasaran dan karena tingginya harga pangan tersebut membuat masyarakat miskin dan rentan terdampak. Kenaikan harga juga bisa melemahkan daya beli masyarakat.

Penyaluran BLT El Nino atau Bantuan El Nino sendiri dilakukan secara tunai melalui dua penyalur yaitu Bank HIMBARA atau PT Pos Indonesia.

Melalui Bank HIMBARA penerima bantuan bisa langsung menarik dana bantuan melalui ATM bank penyalur atau kantor cabang bank penyalur.

Berikut sederet fakta terkait BLT El Nino atau Bantuan El Nino yang diumumkan Kementerian Sosial (Kemensos) akan cair hingga akhir Desember 2023 ini 

Melansir dari unggahan Kementerian Sosial berikut ini adalah beberapa hal yang boleh dibelanjakan dengan uang BLT El Nino:

  1. Kebutuhan sumber karbohidrat contohnya beras, ketela, jagung, atau sagu.
  2. Kebutuhan sumber protein nabati contohnya kacang-kacangan, tempe, atau tahu.
  3. Kebutuhan sumber protein hewani contohnya telur, daging ayam, daging sapi, atau ikan.
  4. Kebutuhan sumber vitamin dan mineral contohnya buah-buahan dan sayur-sayuran.

Adapun untuk yang tidak boleh dibelanjakan dengan uang BLT El Nino adalah Rokok, minuman keras maupun obat-obatan terlarang (narkoba) serta untuk bayar bank emok. Kemudian peralatan kecantikan, pulsa, atau barang-barang yang bukan kebutuhan pokok.

Adapun pesan dari Camat Ibun Agus Rustandi yang ada di wilayah Kabupaten Bandung mengatakan gunakan dan manfaatkan bantuan tersebut untuk membeli kebutuhan pokok.

“Bantuan El Nino untuk dibelikan bahan pokok, bukan untuk yang lainnya seperti salah satunya membayar bank emok,” Pesannya Agus.

Selain itu menurut Camat Ibu masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut harus digunakan  sesuaikan dengan aturan yang berlaku.

“Kami selalu mensosialisasikan ke masyarakat, bahwa bantuan tersebut jangan dibelanjakan selain kebutuhan pokok, apa lagi buat bayar bank emok,” ucapnya Camat Ibun Agus Rustandi di Kabupaten Bandung.