Daerah

Bowo Hadiri Sosialisasi dan Bimtek Pembinaan Kelembagaan Perhutanan Sosial

277
×

Bowo Hadiri Sosialisasi dan Bimtek Pembinaan Kelembagaan Perhutanan Sosial

Sebarkan artikel ini

PATI,LIPUTAN7.ID – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II bersama Komisi B DPRD Propinsi Jawa Tengah Fraksi Partai Keadilan Sosial menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Kelembagaan Perhutanan Sosial. Selasa (14/11/2023) pagi.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek digelar DLHK Prov Jateng bersama Anggota DPRD Prov Jateng Fraksi PKS dari Komisi B dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Sido Rejo Desa Sokobubuk Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut H Setia Budi Wibowo, S Ag Anggota DPRD Prov Jateng Fraksi PKS dari Komisi B, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Ir. Harnawo, Abu Nafi Anggota Komisi B dan Anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) desa sokobubuk.

Wibowo politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) biasa disapa akrab Bowo mengatakan, desa sokobubuk telah mendapatkan Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) sebagian lahan hutan sosial.

“Kami berharap kelompok tani hutan bisa kerja sama dengan dinas untuk memaksimalkan kelembagaan perhutanan sosial sehingga dapat memberikan dampak dalam penghijauan gunung patiayam yang berada di wilayah Kudus,” harap Bowo.

Program Perhutanan Sosial sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola pemberdayaan dan dengan tetap berpedoman pada aspek kelestarian alam dan akan membuka kesempatan bagi masyarakat di sekitar hutan untuk mengajukan hak pengelolaan area hutan kepada pemerintah.

“Mari jaga alam bersama, jangan nanti ketika mendapatkan bencana longsor dan banjir baru menyalahkan keadaan, lupa dengan Tuhan. Namun, sewaktu menebang pohon, tidak mengingat Tuhan,” pungkas Bowo.

Ia berharap kepada semua kelompok tani hutan dan masyarakat untuk senantiasa menjaga alam dengan tidak melakukan penebangan secara ilegal di wilayah Desa Sokobubuk Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati dan pegunungan Patiayam desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus.