Pemerintah

Buka Orientasi Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045, Wabup Rahmang: Pentingnya Memahami Substansi 

153
×

Buka Orientasi Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045, Wabup Rahmang: Pentingnya Memahami Substansi 

Sebarkan artikel ini

PADANG PARIAMAN, LIPUTAN7.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman menggelar orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, bertempat di Hall IKK, Rabu (08/11).

Dalam sambutannya Rahmang mengatakan, bahwa penyusunan RPJPD merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Padang Pariaman. Ia berharap, seluruh tim penyusun RPJPD dapat bekerja secara profesional dan berintegritas agar menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas.

“RPJPD merupakan dokumen perencanaan yang memuat visi, misi, dan arah pembangunan Kabupaten Padang Pariaman untuk jangka waktu 20 tahun ke depan. Oleh karena itu, penyusunan RPJPD ini harus dilakukan dengan cermat dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” kata Rahmang.

Dikesempatan yang sama, Rahmang juga berpesan kepada tim penyusun RPJPD agar memperhatikan beberapa hal penting dalam penyusunan dokumen tersebut meliputi mengintegrasikan perencanaan pembangunan dengan kebijakan nasional daerah, serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya daerah demi mengoptimalkan kualitas hidup masyarakat khususnya Padang Pariaman.

Maka itu, Ia menghimbau seluruh tim yang terlibat dalam penyusunan RPJPD dapat memahami secara menyeluruh mengenai tahapan dan substansi penyusunan dokumen perencanaan tersebut, sehingga dokumen yang dihasilkan dapat tersusun dengan baik untuk perencanaan pembangunan 20 tahun kedepan.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Padang Pariaman Masri dalam laporannya menyebutkan, tujuan dari dilaksankannya RPJPD ini yaitu sebagai pedoman untuk memberikan arah pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045.

“Selain itu juga sebagai dasar penyusunan RPJMD secara teknokratik dan menjadi pedoman dalam perumusan visi,misi dan program bagi calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak tahun 2024,” paparnya.

Kegiatan orientasi penyusunan RPJMD ini turut menghadirkan narasumber dari Sekretaris Bappeda Provinisi Sumatera Barat Winny Sayori, dan Akademisi Universitas Andalas Padang Ardinis Arbain.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini dimoderatori langsung oleh Kepala Bapelitbangda Kabupaten Padang Pariaman Azwarman, dihadiri oleh Assiten I bidang Pemerintahan Rudi Rahmat, Staf Ahli bidang Hukum dan politik Rianto, serta turut diikuti oleh Kepala Badan/Dinas/ Bagian/ Kantor lingkungan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Camat Se Kabupaten Padang Pariaman, RSUD Padang Pariaman, Kepala Puskemas dan Wali Nagari se kabupaten Padang Pariaman.