Daerah

Bupati Blitar Dampingi Mensos Tinjau Ratusan Warga Blitar Mengikuti Operasi Katarak Gratis 

81339
×

Bupati Blitar Dampingi Mensos Tinjau Ratusan Warga Blitar Mengikuti Operasi Katarak Gratis 

Sebarkan artikel ini
Bupati Blitar, Rini Syarifah dan Mensos Tri Rismaharini meninjau langsung jalannya operasi katarak.
Bupati Blitar, Rini Syarifah dan Mensos Tri Rismaharini meninjau langsung jalannya operasi katarak.

BLITAR, LIPUTAN7.ID – Ratusan warga kurang mampu yang berasal dari berbagai pelosok desa di Kabupaten Blitar mengikuti operasi katarak gratis yang digelar oleh Kementerian Sosial. Kegiatan operasi katarak ini digelar di 2 tempat yang berbeda yakni RSUD Ngudi Waluyo dan RSUD Srengat Kabupaten Blitar.

Program operasi katarak ini merupakan program rutinan yang selalu digelar setiap bulannya oleh Kementerian Sosial. Rata-rata ada 300-500 warga kurang mampu yang mengikuti program operasi katarak ini.

Tujuan dari adanya program operasi katarak gratis ini adalah untuk mencegah terjadinya disabilitas tunanetra pada masyarakat. Diharapkan dengan adanya program ini, para penderita katarak bisa sembuh serta dapat kembali melihat indahnya dunia.

“Kemarin yang terdaftar 700 an tapi setelah di skrining lagi mungkin hanya ada 300 an orang, mungkin karena yang lain ada tekanan darah tinggi, diabet dan macam-macam,” kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Kamis (24/11/23).

Menurut Risma, sudah banyak warga yang terbantu dengan adanya program operasi katarak gratis ini. Bahkan Risma menyebut sudah ada ribuan warga yang mengikuti program ini dan sembuh.

Penanganan penyakit katarak memang harus dilakukan sedini mungkin. Karena jika dibiarkan terlalu lama maka akan terjadi kecacatan permanen pada mata.

“Jumlah warga yang sudah mengikuti operasi katarak ini ada ribuan karena tiap bulan kami keliling ke beberapa daerah. Rencananya bulan depan pada momen hari disabilitas dan kari kesetiakawanan kami juga akan menggelar operasi katarak serentak di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Blitar sendiri mendukung penuh program operasi mata gratis ini. Pemkab Blitar pun membantu memfasilitasi acara ini supaya bisa berjalan lancar dan masyarakat yang terkena penyakit katarak bisa sembuh.

Selain menyediakan tempat, Pemkab Blitar juga menyiapkan sejumlah tim dokter untuk melakukan operasi katarak. Tim dokter ini akan bekerja selama 2 hari untuk melakukan operasi katarak kepada 300 orang dari pelosok Kabupaten Blitar.

“Kami mempersiapkan fasilitas dan tim dokter, kami akan memastikan program ini bisa berjalan lancar dan masyarakat bisa sembuh seperti semula,” kata Bupati Blitar Rini Syarifah.

Bupati Blitar tersebut berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya penderita katarak. Nantinya usai menjalani operasi katarak, masyarakat tersebut akan diberikan pendampingan untuk memastikan bahwa operasi katarak yang dijalaninya berjalan baik.

“Ini salah satu upaya kami mendukung program pemerintah pusat untuk menyehatkan masyarakat, kami akan pastikan betul ini berjalan lancar,” tutupnya.