Pendidikan

Bupati Lahat Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95

96
×

Bupati Lahat Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95

Sebarkan artikel ini

LAHAT, LIPUTAN7.ID – Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Lahat menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke- 95 tahun.Bertempat di Halaman Parkir Pemda Lahat, Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH.

Wajib untuk kamu ketahui, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda bertujuan untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen Pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke -95 di Kabupaten Lahat di ikuti oleh jajaran ASN dilingkungan pemerintah Kabupaten Lahat, dan perwakilan beberapa sekolah.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat H Cik Ujang SH menyampaikan, bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

“Berkat pemuda dalam menyatukan visi misi dapat melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun mengusung tema bersama majukan Indonesia dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi-dan warna-warni-menunjukan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya heterogenitas sebagai kekuatan dalam memajukan indonesia.

Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Karena kerja Kolaborasi ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dan juga sesuai Keppres Nomor 43 tahun 2022 tentang koordinator lintas sektor penyelenggaraan-pelayanan kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian indeks pembangunan pemuda (IPP).

“Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik kementrian dan lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, organisasi kepemudaan, komunitas serta elemen-elemen lain,” tukas Cik Ujang.