Daerah

Bupati Sumenep Apresiasi Siswa SMPN 1 Dasuk Yang Berprestasi Mewakili Indonesia Sebagai Duta Lingkungan (CFP) Di Jepang 

454
×

Bupati Sumenep Apresiasi Siswa SMPN 1 Dasuk Yang Berprestasi Mewakili Indonesia Sebagai Duta Lingkungan (CFP) Di Jepang 

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, LIPUTAN7.ID Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menerima kunjungan Jaka Caraka siswa SMP Negeri 1 Dasuk, siswa berprestasi yang berhasil mewakili Indonesia sebagai Duta Lingkungan Children’s Fores Program (CFP) di Jepang.

Diketahui, CFP tersebut diadakan oleh Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement (OISCA), yang merupakan organisasi yang bergerak pada peningkatan sumber daya manusia di bidang sosial budaya, lingkungan hidup, dan di bidang pendidikan, di antaranya programnya yakni lingkungan hidup atau Children Forest Program.

Jaka Caraka ke Jepang saat kunjungan belajar mempresentasikan program kepedulian lingkungan di sekolah, seperti menanam dan merawat pohon. Bahkan, pada kegiatan itu juga menjadi sarana untuk menampilkan talenta sebagai pertukaran Budaya antar Negara peserta.

Siswa kelas 7 SMP Negeri I Dasuk itu, mempunyai keterampilan menari Topeng dan Ngejung atau sebuah seni menembangkan papareghan atau pantun dengan diiringi musik tradisional gending.

Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi prestasi yang membanggakan dari Jaka Caraka siswa yang menjadi wakil Indonesia tingkat SMP sebagai duta lingkungan, karena keberhasilannya mengharumkan nama Kabupaten Sumenep.

“Kami selaku Pemkab Sumenep sangat mendukung keberangkatannya ke Jepang, yang tujuannya untuk kunjungan belajar dan pertukaran Budaya,” ungkapnya. Selasa, (15/08/2023).

Politisi dari Partai PDI-Perjuangan Kabupaten Sumenep tersebut juga berharap, kepada Kepala Sekolah dan Guru SMP Negeri I Dasuk, agar mempersiapkan siswanya dengan bekal yang matang, supaya keikutsertaannya berefek positif kepada dirinya dan Kabupaten Sumenep.

“Setelah pulang nanti, siswa itu mempunyai pengalaman untuk bisa membawa perubahan bagi siswa lainnya, agar memahami arti pentingnya melestarikan lingkungan hidup, menjaga dan merawat tanaman,” jelas Bupati H. Achmad Fauzi.

Ditempat yang sama, Jaka Caraka selaku Siswa SMPN 1 Dasuk tersebut juga menyampaikan, bahwa sebuah kebanggaan dan kesempatan mewakili Indonesia di CFP, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah pengalaman.

“Saya sangat senang sekali karena mendapatkan kesempatan berharga ini, semoga bisa membawa nama sekolah dan Kabupaten Sumenep. Mohon doa dan dukungannya supaya lancar dan sukses dalam mengikuti Children’s Fores Program 2023 yang dilaksanakan pada November 2023,” tukasnya.

Untuk diketahui, Jaka Caraka bertemu Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Agus Dwi Saputra, Kepala Sekolah SMPN I Dasuk serta Guru Pembimbing, yang bertempat di Pendopo Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.