Sosial

Cegah Banjir, Pemdes dan Warga Kalangan Prao Bersihkan Limbah di Sungai Setempat

125
×

Cegah Banjir, Pemdes dan Warga Kalangan Prao Bersihkan Limbah di Sungai Setempat

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Mencegah terjadinya banjir, masyarakat bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangan Prao melaksanakan kerja bakti membersihkan limbah sungai di Desa Kalangan Prao, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim), Jum’at 3 Februari 2023.

Kepala Desa (Kades) Kalangan Prao melalui Perangkat Desa Holis mengatakan, kerja bakti di sungai itu, termasuk langkah mencegah banjir. Hal itu, sesuai dengan pedoman masyarakat Kalangan Prao, yakni mencegah lebih baik daripada menangi banjir. Apalagi banjir termasuk bencana alam yang salah-satu penyebabnya dari limbah yang menumpuk.

“Maka bersama masyarakat, kami (Pemdes Kalangan Prao) gelar bakti sosial ini,” katanya.

Diuraikan Holis, bahwa membersihkan limba di sungai, juga termasuk langkah pelestarian habitat alami bagi berbagai jenis flora dan fauna air. Demikian itu, untuk menciptakan kondisi lebih baik bagi kelangsungan hidup beragam spesies yang bergantung pada ekosistem sungai.

“Selain itu, agar kualitas air sungai di Kalangan Prao terjaga dengan baik dari pencemaran air. Artinya air sungai lebih jernih dan bisa dimanfaatkan secara baik oleh warga Kalangan Prao,” ungkapnya.

Sementara sampah yang dibersihkan, tambah Holis, dari berbagai jenis. Diantaranya sampah plastik, ranting bambu, dan sampah lainnya. Namun diantara berbagai jenis sampah, paling banyak ranting bambu.

“Dengan begini, kesadaran dan kecintaan warga Kalangan Prao akan tampak. Semoga Warga Kalangan Prao tetap mencintai alam sebagai mana mestinya,” pungkas Holis.