Peristiwa

Dampak Curah Hujan Deras, Sawah Warga Pajar Bulan SDU Longsor

341
×

Dampak Curah Hujan Deras, Sawah Warga Pajar Bulan SDU Longsor

Sebarkan artikel ini

MUARAENIM, LIPUTAN7.ID – Akibat curah hujan yang sangat deras mengakibatkan sawah warga terkena longsor di desa Pajar bulan Ataran Kute Atas kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut salah-satu warga setempat, Imam  mengatakan, bahwa terjadinya sawah longsor milik warga itu, sekitar pukul 6:00 WIB Pagi (27/11). Longsornya sawah milik warga itu, lantaran aliran Siring Jebol panjangnya sekitar 8 meter.

Akibat kejadian ini, kata dia, sawah warga yang bernama Firdaus sekitar seper empat hektar longsor menimbun sawah warga lainya. Sehingga kerusakan juga berdampak pada petani lainnyaz yakni gagal panen.

“Dikarenakan Siring aliran persawahan lainya melalui sawah yang longsor tersebut, yang terkena dampak tidak bisa di garap sekitar 15 hektar sawah. masih adalagi persawahan yang menggunakan aliran air Siring yang terkena longsor selain 15 hektar sawah tersebut,”

Dia berharap, agar pemerintah melalui instansi terkait, melakukan perbaikan pada Siring tersebut. Dikarenakan saat ini, masyarakat akan memulai menggarap sawah.

“Jika tidak ada perbaikan maka kami tidak bisa menggarap sawah dan sudah tentu tahun depan akan terkena dampak gagal panen maka dari itu kami sangat berharap kepada pemerintah supaya Siring tersebut bisa normal kembali agar perairan sawah di Ataran kami bisa di garap kembali,” harapnya.

Disambung oleh korban,  Firdaus berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten muara enim melakukan perbaikan Siring di Ataran sawahnya.

“Hal itu agar kami bisa menggarap sawah kami kembali Siring ini belum ada bangunan dari pemerintah maka dari itu kami mengharapkan kepada instansi terkait untuk membantu kami secepatnya,” pungkasnya.