Pemerintah

Dampak Perubahan Iklim Global Pemkab Lahat Gelar Penanaman Pohon Serentak Melalui DLH

113
×

Dampak Perubahan Iklim Global Pemkab Lahat Gelar Penanaman Pohon Serentak Melalui DLH

Sebarkan artikel ini

LAHAT, LIPUTAN7.ID – Pemerintah Kabupaten Lahat Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan kegiatan Launching penanaman pohon secara serentak, kamis (4/4/2024).

Sebagaimana yang diketahui, Pohon punya peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia dan Lingkungan, melansir dari berbagai sumber, Salah satu manfaat pohon adalah dapat meredam dampak emisi karbon dan gas rumah kaca, Gas rumah kaca merupakan penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim.

Efek yang dihasilkan antaranya suhu bumi meningkat, selain itu Pohon juga penghasil oksigen paling terkenal, Pohon memberikan sumbangsih terbesar pada ketersediaan oksigen yang ada di bumi, Proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon selain menghasilkan energi untuk pohon itu sendiri, juga menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara, Oksigen ini kemudian digunakan oleh manusia dan makhluk lain untuk bernafas.

Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Lahat Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan kegiatan Launching penanaman pohon secara serentak.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman kantor Camat Merapi Barat ini dihadiri oleh Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, Sekda Lahat Chandra Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Agus Salman, Camat Merapi Area, Kepala OPD dan Tamu Undangan lainya.

Dalam sambutanya Pj Bupati Lahat Muhammad Farid Menyebutkan, *Kegiatan ini merupakan bentuk nyata yang dilakukan Pemkab Lahat dalam upaya memulihkan daerah, mengurangi dampak pemanasan global, sumber oksigen, pengendali suhu dan memberikan kesegaran serta kesehatan untuk seluruh masyarakat,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, launching penanaman pohon secara serentak ini dilaksanakan di kecamaatan Merapi timur, Kecamatan Merapi Barat, Merapi Selatan, Merapi Timur dan Plaza Ayek Lematang.

“Kegiatan penanaman pohon ini dapat meningkatkan infrastruktur hijau di Kabupaten Lahat, bukan sebagai objek fisik, melainkan juga menjadi sarana penahan debu, dari kegiatan  lalu lintas dari area Kecamatan Merapi Barat, Merapi Selatan, Merapi Timur dan Plaza Ayek Lematang,” Jelasnya.

Selain itu dirinya berharap, kegiatan ini dapat dijadikan momentum dalam memberikan kesadaran kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menanam pohon dan merawatnya,

“Penanaman Pohon ini juga akan meningkatkan indeks kualitas tutupan lahan menambah luasan ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan kita agar lebih berkualiatas,” tandasnya.

Penanaman Pohon Serentak, kabupaten lahat, pemanasan global, dampak perubahan iklim, gas rumah kaca, oksigen, manfaat pohon.