Polri

Dialog Bersama Jurnalis, Kapolda Sulteng : PJU dan Kapolres Tidak Ada yang Alergi Terhadap Media

82
×

Dialog Bersama Jurnalis, Kapolda Sulteng : PJU dan Kapolres Tidak Ada yang Alergi Terhadap Media

Sebarkan artikel ini

PALU, LIPUTAN7.ID – Tidak hanya menyampaikan capaian kinerja Polda Sulteng selama tahun 2023, Kapolda Irjen Polisi Agus Nugroho juga membuka sesi dialog dengan awak media yang mengikuti Rilis Akhir tahun 2023 di Rupatama Polda Sulteng. Minggu, (31/12/2023) sore.

Dalam dialog, beberapa jurnalis mengapresiasi respon yang dilakukan Kapolda Sulteng disaat peristiwa besar yang menyita perhatian publik.

Salah satunya adalah peristiwa yang terjadi di PT. ITSS dalam kawasan industri pengelolaan nickel PT. IMIP Morowali.

“Mengapresiasi Kapolda Suteng Irjen Pol Agus Nugroho dalam merespon pertanyaan jurnalis di saat ada peristiwa ‘besar’ yang menyita perhatian publik,” ungkap Rahman Odi jurnalis televisi.

“Menurut saya, langkah Kapolda dalam menyiapkan materi video, menjelaskan kronologis kejadian itu sudah sangat baik,” tandasnya.

Rahman odi menambahkan, Penjelasannya sangat runut, dan yang paling penting sudah mampu membantu tugas kami jurnalis dalam menyajikan sebuah keberimbangan berita, tentunya memenuhi unsur sebuah karya jurnalistik yang baik.

“Keterangan pihak berwajib atau narasumber utama termasuk kepolisian dalam sebuah peristiwa, juga bagian penting untuk mengcounter informasi-informasi yang ‘liar’ atau informasi yang tidak bisa di pertanggungjawabkan yang banyak di media sosial,” jelas Odi.

Hal senada juga diungkapkan rekan Rahman Odi yang juga seorang jurnalis televisi di Sulteng, Abdee Mari.

“Pertama, Respons Pak Kapolda dengan membuat video konfirmasi saat ada kejadian seperti di IMIP sangat membantu media utamanya TV,” tuturnya.

“Baiknya hal ini bisa diadopsi jajaran Polda khususnya Humas dan Kapolres,” pinta Abdee Mari.

“Kedua, Beberapa Kapolres di Jajaran Polda sulteng kurang responsif terhadap media. Utamanya saat akan dikonfirmasi lewat telpon dan WA kadang tidak merespons,” bebernya.

Padahal konfirmasi dari informasi awal kejadian sangat penting agar media tidak salah memberitakan. Karena informasi dari sumber terpercaya hanya dari Polisi, tegasnya.

Menanggapi hal itu Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho meminta pejabat utama dan Kapolres untuk tidak elergi dengan media,

“Saya minta, kepada pejabat utama dan Kapolres untuk tidak elergi kepada media” pinta Kapolda.

Di tahun 2024 harus kita bangun kemitraan yang lebih dengan media. Karena dari para media inilah tugas-tugas kita terbantu.

“Tidak dapat dipungkiri kembalinya kepercayaan publik kepada Polri, tidak lepas dari peran media yang turut membantu mempublikasikan tugas-tugas kepolisian” tukasnya.