Daerah

Ditangguhkan Penahanan Aktivis Lingkungan Hidup Karimunjawa, ini Empat Syaratnya

400
×

Ditangguhkan Penahanan Aktivis Lingkungan Hidup Karimunjawa, ini Empat Syaratnya

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Satreskrim Polres Jepara mengabulkan permohonan Tri Hutomo, sekretaris DPD Kawali Jawa Tengah sekaligus penerima kuasa monitoring dari Daniel FM Tangkilisan aktivis lingkungan hidup Karimunjawa Kabupaten Jepara.

Ia keluar dari sel tahanan Satreskrim Polres Jepara didampingi Tri Hutomo sekira pukul 15.30 Wib pada Jum’at (8/12/2023).

Tri Hutomo mengatakan, penangguhan penahanan ini didapat setelah Jumat pagi ia mengajukan permohonan penangguhan penahanan kepada Kasatreskrim Polres Jepara.

Diberitakan sebelumnya, Daniel sejak Kamis sore kemarin ditahan di sel Satreskrim Polres Jepara

Sebelum penangguhan penahanan diberikan, ia juga telah menandatangani surat pernyataan dan memberikan jaminan yang berisi 4 syarat.

“Empat syarat itu adalah menjamin tersangka untuk tetap berada di wilayah Kota Jepara, selama proses hukum berjalan dantidak menyebrang ke Karimunjawa; menjaga tersangka agar tidak melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti,” kata Tri Hutomo.

Ia menjamin Daniel tidak akan mengulangi perbuatan tindak pidana, serta tidak akan mempersulit proses penyidikan serta sanggup menghadapkan tersangka sewaktu-waktu diperlukan untuk kepentingan penyidikan, penuntutan dan atau peradilan.

“Tersangka bersifat kooperatif dan melaksanakan wajib lapor setiap seminggu sekali,” ujar Tri Hutomo.

Tri Hutomo juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugrogo Setyawan yang telah menyetujui permohonan penangguhan penahan yang diajukan,

“Kami komitmen terhadap proses hukum yang sedang berlaku,” pungkasya.