Daerah

Dorong UMKM Berkembang Camat di Kabupaten Bandung Ucapkan Terimakasih Ke Bupati Bandung 

160
×

Dorong UMKM Berkembang Camat di Kabupaten Bandung Ucapkan Terimakasih Ke Bupati Bandung 

Sebarkan artikel ini

KABUPATEN, BANDUNG, LIPUTAN7.IDDorong UMKM berkembang Camat di Kabupaten Bandung ucapkan terimakasih ke Bupati Bandung.

Menurut Camat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung merupakan pilar penting pembangunan ekonomi terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian, dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Seperti yang di katakan Camat Ibun sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun, bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

“Di setiap periode krisis, UMKM menjadi bantalan ataupun buffer yang bersifat resilien dan bisa pulih dengan kecepatan yang baik. Oleh karena itu, pengembangan UMKM di Kecamatan Ibun merupakan hal yang necessary condition atau kondisi yang harus dipertahankan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi,” ungkap Camat Ibun Agus Rustandi, Senin (25/012/2023).

Menurutnya yang mendorong UMKM wilayah agar dapat berkembang. Oleh karena itu, UMKM di Wilayah Kecamatan Ibun dipacu untuk bangkit sampai bisa “go global” di masa mendatang, bahkan supaya partisipasi UMKM meningkat dalam global value chain.

“Kami melihat bahwa salah satu strategi pengembangan UMKM Naik Kelas dan UMKM Go Export yaitu melalui peningkatan akses pembiayaan. Pembiayaan bagi UMKM menjadi salah satu faktor penting yang dapat menjadi akselerator perkembangan UMKM yang ada di Kecamatan Ibun, adapun produk UMKM yang di hasilkan di wilayah Kecamatan Ibun meliputi borondong dan baju Bayi,” tuturnya.

Selain Produk Ia juga mengatakan UMKM di Kecamatan Ibun sudah memiliki Aplikasi sendiri yang di namakan Ibun Mall, yang mana didalamnya hampir semua produk UMKM Kecamatan masuk di ibun Mall.

“Kita punya Aplikasi sendiri namanya Ibun Mall, untuk mengembangkan produk UMKM,” pungkasnya.

Di tempat terpisah Menko Airlangga juga mengatakan bahwa agar penyaluran pembiayaan UMKM dapat berjalan optimal, maka Pemerintah tengah mengintegrasikan program-program yang sudah ada, baik di hulu maupun hilir. Diharapkan, ekosistem pembiayaan yang terintegrasi, mulai dari program bantuan sosial sampai pembiayaan komersial lembaga keuangan, dapat mendorong lebih banyak UMKM yang naik kelas dan go export.

“Saat ini kita berorientasi kepada sektor produktif agar (penyaluran pembiayaan UMKM) berjalan lebih optimal. Dan diharapkan ekosistem pembiayaan yang terintegrasi mulai dari program bantuan sosial sampai bantuan komersial keuangan bisa didorong agar UMKM segera bisa naik kelas,” tuturnya Menko Airlangga.

Sambungannya Agus mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bandung H. M Dadang Supriatna yang selalu mendengar keluhan masyarakat dan memberikan solusi.

“Haturnuhun Bupati Bandung, yang selalu mendengarkan aspirasi masyarakat di Kecamatan Ibun,” Sambungnya kata Camat Ibun.