Daerah

Fadlun Nafis Bangsri, Gelar Upacara Peringati Hari Santri Nasional 2023

431
×

Fadlun Nafis Bangsri, Gelar Upacara Peringati Hari Santri Nasional 2023

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Yayasan Pendidikan Islam Fadlun Nafis Bangsri gelar upacara Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 di lapangan komplek Pondok Pesantren Fadlun Nafis Jalan Haji Raya RT.01/RW.01 Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Jum’at (20/10/2023) pagi.

Romo KH Ahmad Marzuki pengasuh Pondok Pesantren Fadlun Nafis memimpin langsung rangkaian upacara yang di ikuti oleh semua guru-guru pembimbing serta siswa-siswi dan santri-santriwati.

Hari Santri 22 Oktober 2023 mengusung tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’. Tema yang diambil untuk memperingati Hari Santri 2023 ini mengandung makna bahwa peringatan Hari Santri tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

“Di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat,” kata KH Marzuki.

Para santri adalah penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tak kenal lelah, mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka.

Dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, mereka memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya.

“Hari Santri Nasional menjadi simbol pengakuan terhadap peran penting santri dalam menciptakan bangsa Indonesia yang beragama, berbudaya, dan berjuang bersama demi kemerdekaan,” tambah KH Marzuki.

Perayaan ini juga mengingatkan kita akan warisan panjang yang telah diberikan oleh para santri dalam mengukir sejarah Indonesia yang kaya dan beragam. Dengan tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’, tema Jihad Santri Jayakan Negeri dapat dimaknai secara historis dan kontekstual.

Yayasan Fadlun Nafis Bangsri Jepara saat ini menaungi Lembaga Pendidikan Islam dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar Ilmu Unggulan (SDIU), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga Pondok Pesantren (Ponpes).