Daerah

Gibran : Hadir Bersama Ribuan Jemaah, Saat Haul Ulama Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo

358
×

Gibran : Hadir Bersama Ribuan Jemaah, Saat Haul Ulama Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo

Sebarkan artikel ini

SOLO,LIPUTAN7.ID – Haul atau peringatan wafatnya ulama Habib Ali bin Muhamaad Al-Habsyi dihadiri sejumlah tokoh nasional dan ribuan orang jemaah yang datang dari berbagai kota di Indonesia di komplek Masjid Riyadh Pasar Kliwon Jln Kapten Mulyadi pasar kliwon Solo Jawa Tengah. Minggu (5/11/2023).

Acara tersebut digelar untuk memperingati wafatnya ulama karismatik dari Yaman, yakni Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi Ke-112, ini dimulai pada hari ini Rabu 1 November 2023 hingga Minggu 5 November 2023. Namun untuk puncak acaranya diadakan pada 4 November 2023 pukul 09.00 WIB.

Puncak acara perayaan Haul Solo pada Sabtu 4/11/2023 di mana ribuan jemaah berkumpul di Masjdi Riyadh untuk mengenang dan merayakan kehidupan serta warisan spiritual yang ditinggalkan oleh Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Dalam acara ini, akan diadakan berbagai kegiatan seperti pembacaan doa, khutbah, dan pengajian agama yang dipimpin oleh ulama terkemuka.

Sementara Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama elite partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendatangi acara didampingi pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah), Politisi Golkar Nusron Wahid sekaligus Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Pantauan awak media liputan7.id dilokasi, Gibran yang juga sebagai bakal Calon Wakil Presiden dari KIM keluar dari Masjid Riyadh memberikan pesan seusai meninggalkan lokasi Haul Solo bersama sejumlah tokoh pendukungnya.

Gibran berjalan menuju arah utara di Jln Kapten Mulyadi Solo, didampingi beberapa habaib. Sejumlah jemaah yang melihat keberadaan Gibran langsung meminta foto.

Gibran sempat mengantarkan Sekjen Partai Gerindra Muzani sampai lokasi parkirnya, Gibran tidak mau berkomentar terkait politik.

Saat ditanya awak media liputan7.id apakah sempat bertemu dengan Anies Baswedan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Gibran enggan berkomentar.

“Acara haul ini, keagamaan jangan dicampurkan dengan politik ya,” kata Gibran.

Sementara itu, ketika Gibran keluar dari Masjid Riyadh, Anies Baswedan masih di dalam masjid bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

Gibran Rakabuming Raka Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto, tidak memberikan sambutan di acara Haul pengarang kitab maulid Simtudduror ke-112 di Masjid Ar Riyadh, Solo.

Politisi Golkar Nusron Wahid pun mencoba merespons hal tersebut, menurutnya Gibran telah diberikan kesempatan berbicara, namun enggan untuk mengambilnya.

“Habib Hasan Al Habsyi selaku Shohibul Haul dan tuan rumah yang punya hajat sudah memberikan kesempatan untuk sambutan. Namun beliau menolak, kemudian Habib Hasan kasih kesempatan sama Pak Anies,” ujar Nusron, Sabtu (4/11/2023).

Nusron mengaku mendapat pertanyaan dari berbagai pihak baik di sosial media maupun WhatsApp secara langsung. Banyak pihak mempertanyakan kenapa yang dikasih sambutan hanya capres Anies Baswedan, sementara Gibran tidak, padahal dia sebagai Wali Kota Solo.

“Jangan ditafsirkan yang bukan bukan, Habib Hasan malah kasih kesempatan duluan buat Mas Gibran agar berkenan, saya lihat sendiri wong saya di situ,” tambah Nusron.

Gibran dari dulu tidak bersedia memberikan sambutan, apalagi banyak kasepuhan, habaib sepuh, dan ulama sepuh lainnya. Memang adabnya santri ya begitu. Kasih kesempatan yang sepuh.