Sosial

Gotong-royong Kemanusiaan, Pemdes Pandian Gelar Baksos Donor Darah

655
×

Gotong-royong Kemanusiaan, Pemdes Pandian Gelar Baksos Donor Darah

Sebarkan artikel ini
Ket Foto : Camat Kota Saat Mengikuti Kegiatan Donor Darah Di Balai Desa Pandian.
Ket Foto : Camat Kota Saat Mengikuti Kegiatan Donor Darah Di Balai Desa Pandian.

SUMENEP, LIPUTAN7.ID Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan darah, Pemdes Pandian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, dengan bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumenep, pada Selasa, (21/11/2023) lakukan kegiatan bakti sosial donor darah.

Diketahui, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan di Balai Desa Pandian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang mengusung Tema “Donor Darah, Desa Pandian Peduli”.

Kepala Desa Pandian, Moh. Budiyanto saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka berbagi dalam kegiatan kemanusiaan yang kedepannya akan rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.

“Kami mencoba memberikan bantuan melalui donor darah, agar bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kades Totok sapaan akrabnya menjelaskan, kegiatan bakti sosial donor darah ini merupakan wujud kepedulian Pemdes Pandian kepada sesama masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.

Ket Gambar : Ibu Kepala Desa Saat Melakukan Donor Darah di Balai Desa Pandian
Ket Gambar : Ibu Kepala Desa Saat Melakukan Donor Darah di Balai Desa Pandian.

“Kegiatan ini pada dasarnya adalah bentuk rasa syukur dan juga pelajaran agar kita senantiasa memiliki sikap peduli terhadap sesama. Semoga dengan kegiatan ini dapat memupuk rasa solidaritas sesama pemancing dalam mencintai NKRI,” jelas Totok.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang positif tersebut semoga bisa menginspirasi pemdes lainnya untuk memiliki kepedulian terhadap sesama,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Paguyuban RT/RW Desa Pandian R. Edi Suyanto S, Sos menuturkan, bahwa Hal ini sebagai wujud kemanusiaan terhadap sesama serta sebagai upaya untuk menambah stok darah PMI Kabupaten Sumenep. Pihaknya juga berterima kasih kepada masyarakat atas kesediaannya mendonorkan darahnya untuk saudara yang membutuhkan.

“Saya juga berharap kegiatan donatur ini akan terus berlanjut dan antusiasme masyarakat semakin tinggi,” harapnya.

“Tak lupa, saya sangat berterima kasih kepada teman-teman pegawai pemdes Pandian dan masyarakat sekitar wilayahnya yang telah bersedia mendonorkan darah mereka untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini terus berlanjut dan masyarakat semakin antusias,” ungkap R. Edi.

Selain sebagai wujud kepedulian, menurut Edi, donor darah juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu mengurangi risiko penyakit jantung, kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol, dan menjadikan pikiran lebih stabil.

“Donor darah ternyata juga menyehatkan bagi tubuh kita,” pungkas R. Edi.